Tidak Sama, Ini Perbedaan Ducati Lorenzo dan Dovizioso di MotoGP Inggris

  • Senin, 28 Agustus 2017 20:00 WIB

Perbedaan Ducati Desmosedici GP17 yang Dibesut Lorenzo (atas) dan Dovizioso (bawah) di MotoGP Inggris 2017 | Ducati

SILVERSTONE - Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso merupakan rekan satu tim di Ducati MotoGP. Meski demikian tunggangan mereka berdua berbeda. Ini terlihat dari gelaran MotoGP Silverstone, Inggris, kemarin (27/8).

Desmosedici GP17 milik Dovizioso menggunakan desain fairing reguler yang terlihat konvensional dengan sirip-sirip pada bagian samping fairing. Sementara Desmosedici GP17 Lorenzo menggunakan desain fairing terbaru Ducati yang radikal.

Fairing yang diperkenalkan pada MotoGP Ceko ini dijuluki 'hammer head shark' mirip dengan fairing radikal sebelumnya yang diperkenalkan di Qatar, awal musim.

Secara kasat mata, desain fairing radikal ini memisahkan sayap dengan lubang masuk udara. Selanjutnya, elemen sayap pada kedua sisi moncong membentuk dan terintegrasi dengan winglet untuk menunjang aerodinamika.

undefined
Ducati Desmosedici GP17 dengan paket aerodinamika berdesain radikal. Foto: Ducati Corse

Dovizioso sendiri memang lebih memilih tidak menggunakan desain fairing tersebut setelah melakukan tes di Sirkuit Brno awal Agustus lalu. Dovi tidak yakin dengan dampak fairing tersebut di lintasan balap.

Meski demikian, ia pernah menggunakan model fairing tersebut di seri MotoGP Austria dan sukses mengantarkannya ke podium 1. Berbeda dengan Lorenzo, yang sejak seri Ceko hingga seri Silverstone kemarin tetap menggunakan fairing ini, kendati hasilnya belum cukup membuatnya tampil lebih kompetitif untuk mengantarkannya ke podium.

Di seri MotoGP Inggris tersebut, Lorenzo hanya berhasil menempati peringkat lima dengan catatan waktu 40 menit 49,004 detik. Sedang Dovi berhasil memungkasi balapan sebagai juara pertama dengan waktu 40menit 45,496d detik. (Otomotifnet.com)

Reporter : Luthfi Anshori
Editor : Haryadi Hidayat

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×