Michelin Siapkan Ban Keras Asimetris di MotoGP Prancis Akhir Pekan Ini

  • Selasa, 16 Mei 2017 20:40 WIB

Pilihan ban soft, medium dan hard untuk depan dan belakang jadi alternatif para pembalap di MotoGP Prancis | Michelin

Otomotifnet - MotoGP putaran kelima di sirkuit Le Mans, Prancis (19-21/5) akhir pekan ini menjadi event spesial bagi pemasok ban tunggal MotoGP, Michelin, yang merupakan pabrikan asal Prancis.

Untuk MotoGP di sirkuit Le Mans, Michelin telah mengalokasikan tiga kompon ban, soft (lunak/setrip putih); medium (tanpa setrip) dan keras (hard/setrip kuning).

Trek Le Mans, Prancis yang panjangnya 4,185 km yang terdiri dari 13 tikungan, 9 kanan dan 5 kiri itu, membuat Michelin memasok ban asimetris dengan kompon yang lebih keras di bagian kanan karena treknya lebih banyak belok ke kanan.

"Untuk tipe asimetris kami mengalokasikan pada ban kompon keras untuk depan dan belakang atau yang setrip kuning," ujar Piero Taramasso selaku manajer Michelin Motorsport Roda Dua.

Total alokasi ban tiap pembalap di MotoGP Prancis, Le Mans nanti adalah 22 ban slick (kering) yang terbagi 10 untuk ban depan dan 12 ban belakang.

Bila ternyata kondisi trek basah, maka pembalap mendapat jatah 11 ban basah dengan pembagian 5 ban depan dan 6 ban belakang.

Di empat ronde sebelumnya ban jadi faktor penting kemenangan dan di MotoGP Prancis nanti juga sepertinya pembalap yang mampu memilih kompon ban yang akurat mempunyai kans besar sebagai juaranya. (otomotifnet.com)

Reporter : J L M
Editor : J L M

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×