Juara Dunia MotoGP & F1 John Surtees Meninggal

  • Sabtu, 11 Maret 2017 00:30 WIB

John Surtees ketika berpose dengan motor MV Agusta yang membawanya meraih 7 gelar juara dunia balap motor | motorcycle.com

Inggris – John Surtees CBE, satu-satunya orang yang meraih gelar juara dunia MotoGP dan F1, meninggal dunia pada usia 83 tahun pada hari Jumat (10/3).

John Surtees yang lahir di Tatsfield, Surrey, Inggris pada 11 Februari 1943, dirawat di rumah sakit bulan lalu karena kondisi pernapasan. Setelah periode perawatan intensif, ia meninggal dengan tenang Jumat sore.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya suami dan ayah kami, John Surtees CBE," kata keluarganya dalam sebuah pernyataan.

"John adalah seorang suami yang penuh kasih, ayah, saudara dan teman. Dia juga salah satu yang hebat di motorsport dan terus bekerja tanpa lelah hingga belakangan ini dengan The Henry Surtees Foundation dan Buckmore Taman Kart Circuit.”

"Kami sangat berduka atas hilangnya seorang pria yang luar biasa, baik dan penuh kasih seperti juga merayakan hidupnya yang luar biasa.”

“Dia telah menjadikan contoh yang sangat nyata seseorang yang terus mendorong dirinya di puncak dan orang yang terus berjuang sampai akhir.”

"Kami ingin berterima kasih kepada semua staf di St George Hospital dan The East Surrey Hospital atas profesionalisme dan dukungan mereka selama masa sulit ini bagi kami.”

"Terima kasih juga untuk semua orang yang telah mengirim pesan jenis mereka dalam beberapa pekan terakhir," demikian pernyataan itu.

John Surtees memenangkan empat gelar juara dunia 500 cc dan tiga gelar juara dunia 350 cc bersama MV Agusta, sebelum beralih ke balap mobil pada tahun 1960 di mana ia balapan untuk BRM, Lotus, McLaren dan, terutama, Ferrari, di mana  siapa ia memenangkan mahkota F1 pada tahun 1964.

Kariernya di balap motor dimulai pada 1952. Hebatnya selama sembila tahun kariernya, ia sempat beberapa kali turun dalam tiga kelas dalam satu musim balap.

Di balap F1, ia terjun tahun 1960 artinya masih membalap di roda dua. Pensiun pada 1972. Di masa balapan F1 itu, ia menyempatkan diri ikut balap ketahanan Le Mans 24 Jam dengan posisi terbaik finish ketiga bersama Ferrari pada 1964.

Selamat jalan John Surtees, pembalap serbabisa. (Otomotifnet.com)

Reporter : fendi
Editor : toncil

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×