Yamaha Andalkan Pembalap MotoGP dan Superbike di Suzuka 8 Hours

  • Kamis, 16 Juni 2016 14:00 WIB

Balap ketahanan Suzuka 8 Jam 2016 akan dipentas akhir Juli nanti | fimewc.com

Jepang – Juara bertahan pabrikan Yamaha akan diperkuat pembalap MotoGP dan superbike dunia (WSBK) untuk event balap ketahanan Suzuka 8 Jam, Jepang, akhir Juli nanti.

Tahun lalu Yamaha Factory Racing Team meraih kemenangan pertama kali dalam 19 tahun, lewat pertarungan menegangkan selama 8 jam yang startnya dimulai jam 12 siang.

Saat itu Yamaha diperkuat dua pembalap MotoGP tim Yamaha Tech3, Pol Espargaro dan Bradley Smith yang menemani pembalap lokal Katsuyuki Nakasuga.

Tahun ini, Yamaha coba untuk mempertahankan kemenangannya. Seleksi pembalap pun telah dilakukan untuk menentukan siapa yang akan berpartner dengan Nakasuga.

Pol Espargaro kembali dipilih. Nakasuga pernah bilang, saat balapan Pol sangat cepat karena ia pembalap MotoGP. Fakta inilah yang membuat Yamaha kembali mengajak lagi untuk meraih kemenangan berturut-turut.

Pembalap ketiga jatuh pada Alex Lowes yang kini berlaga di kejuaraas dunia Superbike (WSBK) membela tim pabrikan Yamaha dengan motor YZF-R1.

Sebelumnya Alex Lowes pernah berpartisipasi di Suzuka 8 Jam tahun lalu, bersama Yoshimura Suzuki Shell Advance, finish urutan 5. Jadi Lowes tahu banget bagaimana betarung di balap ketahanan ini.

Jika Nakasuga dan Espargaro dinilai menunjukkan kecepatan dan stabilitas yang melebihi pembalap lain, Lowes membuat kecepatan. Ini skenario tim pabrikan Yamaha untuk memenangkan Suzuka 8 Jam selama 2 tahun berturut-turut.

Suzuka 8 Jam ini merupakan bagian dari seri kejuaraan dunia balap motor ketahanan. Jadwal lengkapnya: Le Mans (Prancis) 24 jam (9/4), Portimao (Portugal) 12 jam (11/6), Suzuka (Jepang) 8 jam (31/7), Oschersleben (Jerman) 8 jam (27/8).

Ronde di Suzuka merupakan event yang sangat penting. Mengingat di sinilah sumbernya berbagai pabrikan motor. Suzuka menggelar balap ketahanan 8 jam sejak 1978, diikuti oleh banyak pembalap tenar dari berbagai event seperti MotoGP dan WSBK.

Jadi, bisa menang di sini sungguh sebuah prestasi yang membanggakan, baik bagi pembalap maupun pabrikan motor. (otomotifnet.com)

Reporter : fendi
Editor : fendi

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×