Wah, Ada Sirkuit Balap Motor Baru di Indonesia

  • Minggu, 22 Mei 2016 07:00 WIB

Wujud Sirkuit Panggona di Palu, Sulawesi Tengah | DAB

PALU - Satu lagi sirkuit baru dibangun di Indonesia, ia adalah sirkuit Panggona di kota Palu, Sulawesi Tengah. Sirkuit dengan panjang 1.240 m ini baru saja selesai dibangun dua minggu sebelum Motoprix Palu digelar. 

"Sirkuit ini (Panggona) baru mulai dibangun pada bulan Maret. Namun, perencanaanya sudah ada sejak tahun 2012," ujar Andi Nur B. Lamakarate selaku Direktur Pelaksana Sirkuit Panggona yang juga desainer sirkuit ini. 

Meski nampak sudah rapi, namun masih banyak hal yang harus dibenahi. Salah satunya adalah penghalusan aspal yang rencananya akan kembali dilapisi dengan lapisan yang lebih halus selepas Motoprix Palu digelar. 

"Ini masih pakai aspal biasa, belum ada dikasih lapisan kedua yang lebih halus. Tapi katanya ini sudah cocok untuk digunakan balapan dan layak, ya sudah bisa langsung untuk Motoprix Palu," Andi Nur menambahkan

Andi Nur B. Lamakarate
Sosok Andi Nur B. Lamakarate di balik dibangunnya sirkuit Panggona, Palu, Sulawesi Tengah

Masalah aspal baru pun cukup dikeluhkan beberapa pembalap, contohnya Anggi Setiyawan dari Yamaha Yamalube BAF Akai Jaya Sidrap MBKW2KYT SND FDR.

Ia menyayangkan aspal baru masih mengeluarkan minyak yang membuat aspal menjadi licin dan ban menjadi kehilangan daya cengkeram. 

Selain itu, balapan pun harus dimulai dari sore hari karena penerangan tidak memungkinkan untuk menggelar semua balapan di malam hari. 

"Masih licin karena minyaknya pada keluar saat kena panas, jadinya licin dan kehilangan daya cengkeram."

"Tapi ini awal yang bagus sih, jadinya Palu punya sirkuit permanen sendiri, semoga saja ke depannya makin keren," ujar Anggi Setiyawan. 

Tak hanya digunakan untuk balap motor, sirkuit ini juga bisa digunakan untuk balap gokart. Sirkuit ini pun dinilai sebagai sirkuit serbaguna. Jika sedang tidak dipakai balapan, maka bisa digunakan untuk konser dan pameran. 

Reporter : DAB
Editor : Joni Lono Mulia

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×