Sprint Reli Kelas Retro Akan Jadi Mahal

  • Rabu, 19 Oktober 2016 15:50 WIB

Kelas Retro open akan mahal | toncil

Jakarta – Banyak kelas dalam balap atau sprint reli untuk mengakomodir semua pemilik mobil. Tapi kalau terlalu bebas, maka yang terjadi justru akan jadi ‘kuat-kuatan’ duit. Contohnya pada kelas retro. 

Mobil-mobil yang masuk dalam kelas retro yakni Toyota Corolla DX, Mitsubishi Lancer SL, Datsun dan lainnya. Dalam sprint reli, untuk retro memang dibagi-bagi menjadi berbagai kelas. Paling atas atau full modifikasi yakni RCOpen.

Pada kelas ini modifikasi dibebaskan. Sehingga, akan berlaku ‘siapa yang kuat uang, itu yang akan menang’.

Dibukanya kelas RCOpen ini memiliki dua sisi tajam sekaligus. Pertama akan melihat dan mengukur kreatifitas para tuner, sisi lainnya kelas tersebut akan sangat mahal. 

“Secara mobil memang terlihat murah. Tapi modifikasi tidak bisa dibilang murah juga. Apalagi kalau tampil kompetitif,” sebut Erwin Mancha yang menggunakan Toyota Corolla DX dan ikut dikelas tesebut.

Secara gambaran saja untuk bisa tampil kompetitif. Mesin tak mungkin pakai yang biasa. Paling banyak dipilih yakni mesin Toyota 3S berkapasitas 2.000 cc. Diprediksi harga sekitar Rp 20-25 juta. 

Belum lagi akan sangat disarankan pakai ECU stand alone yang pasti tidak murah. 

Demikian pula dengan kaki-kaki dan sokbreker. Seluruh kaki-kaki dengan sistem pillowball berkisar Rp 35 juta.

Sementara sokbreker berkisar AUS $ 9,000. Dengan nilai kurs Rp 10 ribu, maka untuk sokbreker saja 4 unit sudah Rp 90 juta. 

Tambahan lainnya, seperti gearbox, roll-bar, jok, indikator dan lainnya belum termasuk. Perlu diingat juga, itu semua baru barang saja, belum dengan jasa pasang di bengkel. 

Mesin 3S-GE versi Beams harganya tak bisa dibilang murah
Mesin 3S-GE versi Beams harganya tak bisa dibilang murah

Reporter : toncil
Editor : toncil

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×