Jumat,10 Maret 2017 16:15 WIB

Penulis: Safar

Sepeda Motor Bisa Hisap Air dan Padamkan Api

Foto: Safar

Pompa air pakai motor

Bali - Pompa air bertenaga mesin motor menjadi solusi praktis bagi sektor pertanian, perikanan, rumah tangga bahkan digunakan untuk memadamkan api.

"Biasanya dipakai sama petani, perikanan dan kalau di Kalimantan dipakai memadamkan api," kata Suliono, mekanik pompa air Fuboru. 

Pompa air yang dapat menghisap air 2,6 liter/detikini  dengan catatan harus dalam kondisi RPM stasioner tersebut muncul dalam perhelatan ajang pameran industri kreatif otomotif di Bali Creative Industry Institute (BCIC). 

Dalam penggunaan 1 liter bensin, pompa air dapat digunakan dalam kurun waktu 6 jam.

Pengoperasian pompa air Fuboru sangat mudah, hanya dengan membuka tutup bak magnet motor bebek dengan kapasitas mesin berapapun lalu pasang konektor dan pompa air sudah bisa digunakan.

Air tawar, laut bahkan lumpur dapat dihisap. Namun, dalam penggunaan pompa air laut harus menggunakan kipas DC untuk menyaring air agar tidak menimbulkan korosi/karat pada mesin.

Pompa air dengan harga berkisar Rp 600 ribuan tidak memiliki dampak jangka pendek dan panjang hanya saja memerlukan service mesin secara rutin.

"Kalau perawatan seperti motor biasa aja. Karena tidak ada dampak untuk gunakan pompa air sepeda motor," kata Suliono. 

Pompa air yang mudah dibongkar pasang ini belum bisa dipergunakan untuk jenis motor skuter matic.

Sepeda motor yang digunakan untuk sumber tenaga pompa air pun dapat digunakan untuk sehari hari dan bersifat multifungsi.

"Ini gampang dipakainya. Motor juga kalau selesai pakai pompa air bisa digunakan untuk sehari-hari. Kalau motor matic belum bisa,"pungkas Suliono. 

Semakin besar cc motor, maka semakin besar juga daya hisap air pompa ini.

Jenis sepeda motor yang bisa dijadikan sumber tenaga pompa air ini adalah sepeda motor jenis bebek dan kopling. (Otomotifnet)

EDITOR

toncil

Top