Senin,6 Maret 2017 16:42 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Gokil, Marc Marquez Pacu Skutik Honda X-ADV di Atas Salju

Foto: screen capture youtube Honda Motorcycles Europe

Marc Marquez geber Honda X-ADV di atas medan bersalju

Kitzbuhel - Memang ada-ada saja ulah pembalap tim Repsol Honda MotoGP, Marc Marquez. Setelah sebelumnya ia memacu prototipe RC213V di atas medan salju, kini giliran skutik adventure Honda, X-ADV, yang diajak jalan-jalan di medan serupa. Gokil.

Seperti diungkap video unggahan Honda Motorcycles Europe pada 3 Maret 2017, Marquez menjajal kehandalan skutik dual purpose teranyar Honda tersebut pada sebuah kesempatan di acara Red Bull di Kitzbuhel, Austria.

Lalu bagaimana caranya agar Marquez bisa melibas medan yang ekstrim tersebut dengan X-ADV? Sama seperti ketika ia membawa RC213V di atas salju, yakni menggunakan ban yang telah ditempeli paku-paku.

Seperti apa tanggapan Marquez setelah mencobanya? "Saya amat menyukainya, karena skuter (Honda X-ADV) ini sebuah kendaraan SUV sesungguhnya. Nikmat menjalaninya di atas medan bersalju dengan ban berpaku, ujarnya dalam video berdurasi 2 menit tersebut.

X-ADV sendiri merupakan skutik dual purpose Honda yang baru diluncurkan di ajang EICMA Milan tahun lalu. Motor ini menggunakan kapasitas mesin 745 cc dan telah dibekali sistem transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) seperti Honda NM4 Vultus.

Untuk ukuran skutik, motor ini memiliki bobot cukup berat sekitar 238 kg. Jarak jok ke tanahnya pun cukup tinggi, yakni 820 mm. Satu hal yang membikin lega, X-ADV dibekali kapasitas bagasi 21 liter yang tentu sangat besar untuk sebuah motor petualang.

Dan tak hanya garis desainnya saja yang mirip dengan CRF1000L Africa Twin, Honda X-ADV juga telah dilengkapi aksesori handguard ala Africa Twin seperti windshield dengan setingan 5-level, setang alumunium, full LED, dan panel instrumen bergaya rally.

Untuk menunjang aktivitas di medan off-road, X-ADV dibekali spoke wheel atau pelek jari-jari selebar 17 inci (depan) dan 15 inci (belakang), yang dipadu dengan ban model dual purpose. Di samping itu juga sudah dibekali suspensi upside down dan ABS.(Otomotifnet.com)

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top