6 Alasan Mengapa Sepeda Motor Tidak Pakai Mesin Diesel (Bagian 1)

  • Rabu, 12 Juli 2017 16:45 WIB

Motor bermesin bensin lebih pupoler, karena mesin diesel cenderung menghasilkan sekitar 13% lebih banyak karbon dioksida per galon bahan bakar dibandingkan mesin bensin | youmotorcycle-com

Amerika – Ada sejumlah alasan mengapa kebanyakan sepeda motor menggunakan mesin bensin dan bukan diesel, meskipun diesel mungkin lebih murah. Ini 6 alasannya.

Di masa lalu ada sepeda motor bermesin diesel keluaran Royal Enfield, dan eksperimen motor militer lainnya yang lebih baru.

Namun, dalam kebanyakan kasus, ditemukan bahwa sepeda motor dijalankan dengan bensin, terlepas dari kenyataan bahwa bensin lebih mahal daripada diesel di banyak belahan dunia.

Industri otomotif mengandalkan diesel - dari mobil dan truk sampai ke hal lain.

Jadi, mengapa mesin diesel itu tidak digunakan di sepeda motor? Ini alasan yang dikuitp dari youmotorcycle.com.

1. Berat. Mesin diesel cenderung memiliki rasio kompresi 24:1 - yang jauh di atas rasio kompresi pada mesin bensin (11: 1).

Dengan demikian, mesin diesel harus lebih besar dan terbuat dari bahan yang lebih berat untuk menangani tingkat kompresi tinggi ini.

Mesin besar seperti itu tidak akan bekerja dengan baik pada kendaraan kecil seperti sepeda motor.

2. Bising dan lebih bergetar. Rasio kompresi yang tinggi, berarti mesin diesel cenderung menghasilkan lebih banyak suara dan getaran dibandingkan mesin bensin.

Sepeda motor tidak dirancang untuk mengatasi hal ini.

Reporter : fendi
Editor : fendi

Tags :

#Lexus

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×