Test Bohlam 4.500 K Hella, Lampu Jauhnya Tetap Ramah

  • Minggu, 9 Oktober 2016 13:45 WIB

Komparasi Bohlam 4.500 K dan Standar | Salim/otomotifnet

Jakarta - Tren lampu dengan sorot putih masih jadi incaran penyuka modifikasi motor. Triknya mudah saja, ganti bohlam head lamp dengan lampu yang memiliki spesifikasi Kelvin (K) lebih tinggi. Seperti Hella Dayview berspesifikasi 4.500 K.

Sebagai pembanding, bohlam standar kisarannya ada pada 3.700 K. Semakin tinggi maka warna lampu akan berubah makin putih bahkan sampai jadi biru. Tapi jangan asal pilih ya, pasalnya makin putih memang terang dan tampak keren tapi kemampuannya menembus kegelapan, kabut atau hujan jadi makin buruk.

“Pemilihan bohlam sesuai selera, jika ingin tampil beda dan sudah bosan melihat yang standar bisa memilih spek bohlam 4.500 K. Yang dikeluarkan Hella ini meskipun berwarna putih tapi masih ada unsur warna kuning sehingga dapat tembus hujan,” ungkap Wulandari selaku marketing dari PT Sumber Berkat Anugerah yang merupakan distributor dari produk Hella di Indonesia.

Produk Hella ini punya tiga pilihan watt yang bisa disesuaikan untuk mayoritas motor di Indonesia yaitu 18/18 W, 25/25 W dan 35/35 W. “Dengan watt yang sama dengan tipe standar namun dapat memberikan output cahaya lebih putih dan fokus menyinari aspal,” lanjutnya.

Biar enggak penasaran, yuk langsung coba. Lampu Hella tipe Dayview ini diukur menggunakan light meter Krisbow, dibandingkan dengan lampu standar bawaan motor. Dalam ruangan gelap, motor diberi jarak 5 meter sampai di tembok, di sana light meter diletakan untuk melihat seberapa besar intesitas cahaya yang dihasilkan.

Bohlam standar dalam posisi lampu dekat, intensitas cahayanya 356 lux sedangkan lampu jauh 332 lux. Kemudian, bohlam Hella 4.500 K pada lampu dekat tercatat 519 lux dan lampu jauh 333 lux.

Pada lampu dekat terbukti sangat terang dan fokus, sedang pada lampu jauh memang tidak terlalu ada perbedaan signifikan selain warnanya yang lebih putih. Kondisi ini justru baik karena saat memposisikan lampu jauh, sorotnya tidak menyilaukan pengendara dari arah sebaliknya. Tetap safety dong! • (Fariz / otomotifnet.com)

Reporter : otomotifnet
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×