Sokbreker Showa BFRC Antar CBR250RR Juara Balap Asia, Yuk Lihat Detail Teknologinya?

Reporter : Antonius Yuliyanto
Editor : Dimas Pradopo

Showa CBR250RR Astra Honda Racing Team di ARRC | Aant

Thailand - All New Honda CBR250RR yang juara di kelas AP250 Asia Road Racing Championship (ARRC) seri pertama di Johor, Malaysia dan seri kedua di Buriram, Thailand akhir pekan (14-15/4) ini ternyata dibekali suspensi depan belakang Showa.

Pembalap tim Astra Honda Racing Team (AHRT) dengan pembalapnya Gerry Salim sudah tiga kali menjadi juara pertama. Reza Danica Ahrens, rekan satu timnya juga bisa tampil perkasa, bahkan sampai memecahkan rekor tercepat di Johor, Malaysia.

Sedang di Thailand, pembalap tim Sidrap Honda Ikazuchi, Takehiro Yamamoto memenangkan race 2 AP250 juga dengan suspensi yang sama.

Apa sih yang membuat suspensi ini istimewa? Yuk kita lihat bersama!

Showa-CBR250RR-Astra-Motor-Racing-Team-di-ARRC
Full adjustable dengan teknologi BFRC

Sokbreker Belakang

Sokbreker belakang yang dipakai adalah Showa tipe BFRC atau Balance Free Rear Cushion.

“Itu versi tipe tertinggi dari Showa, seperti yang dipakai tim Kawasaki di World Superbike (WSBK),” terang Yohanes Martono, Engineer PT Showa Indonesia Mfg.

Sesuai nama tipenya, menurut Yohanes kinerja sokbreker ini keunggulannya punya daya tekan yang sama baik saat compression maupun rebound.

Apa sih bedanya dengan sokbreker biasa? “Sokbreker tipe BFRC ini di dalamnya punya dua tabung untuk fungsi masing-masing compression dan rebound, sehingga punya tekanan yang sama ke atas dan ke bawah, jadi redaman lebih stabil karena tekanan selalu terjaga,” paparnya.

Yohanes melanjutkan, kinerja tipe BFRC ini beda dengan sokbreker model biasa yang hanya punya satu tabung untuk kedua kerja, baik compression maupun rebound, yang berakibat tekanan jadi tak sama, sehingga redaman jadi tak stabil.

Showa-CBR250RR-Astra-Motor-Racing-Team-di-ARRC
Yang kanan BFRC, ada dua tube yang membuat pergerakan oli lebih baik

Reporter : Antonius Yuliyanto
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×