Panduan Servis Tahun Pertama Kawasaki Z650, Mirip Merawat ER-6n

  • Selasa, 7 Maret 2017 08:01 WIB

Panduan Servis Tahun Pertama Kawasaki Z650 Mirip Merawat ER-6n | Sigit/otomotifnet

Jakarta - Murah karena jasa servis di tahun pertama masih gratis dan filter oli pada penggantian pertama juga gratis Calon pengguna Kawasaki Z650 yang baru saja dirilis di Indonesia, wajib simak panduan servisnya nih.

Ternyata, moge 2 silinder berkapasitas 649 cc yang jadi penerus ER-6n ini biaya servis dan harga komponennya di tahun pertama enggak mahal. “Untuk tahun pertamanya, enggak terlalu banyak yang diganti kok,” jelas Joko Susilo, Kepala Mekanik Kawasaki Kawan Sakti, Bintaro, Tangerang Selatan.

Selain itu masih murah karena jasa servis di tahun pertama masih gratis dan filter oli pada penggantian pertama juga gratis. “Servis pertama di 1.000 km, dilanjutkan pada 6.000 km atau bulan ke 6 dan 12.000 km atau pas satu tahun,” sambungnya. Detailnya seperti apa?   (Sigit / Otomotifnet.com)

Oli
Ganti oli sudah harus dilakukan pada 1.000 km pertama untuk memastikan gram logam sisa perakitan dikeluarkan semua. Untuk itu, filter oli juga wajib ganti, untungnya masih gratis nih. Cuma beli oli saja.

Sedang penggantian oli secara berkala dilakukan pada 6.000 km dan 12.000 km. “Gantinya jangan nunggu sampai km 12.000 atau satu tahun ya bro,” wantinya. Untuk olinya dianjurkan pakai Kawasaki Genuine Oil (KGO) SAE 10W40. Tapi karena kemasannya 1 liter, jadi butuh dua botol setiap penggantian.

“Jika penggantian oli normal tanpa penggantian filternya, cukup diisi 1,6 liter saja, namun jika barengan dengan penggantian filternya mesti dilebihkan sekitar 200 ml atau volume totalnya jadi 1,8 liter,” tambahnya.

Filter Udara
“Filter udara wajib dicek setiap servis dan dibersihkan dengan cara disemprot,” jelas mekanik yang berdomisili di Jakarta Barat ini. “Namun, jika kotorannya sudah terlalu tebal, air filter ini wajib diganti, soalnya biar enggak menghambat udara yang masuk ke dalam ruang bakar,” ungkap Albert owner Kawasaki Kawan Sakti.

Air Radiator
Volume air radiator juga wajib dipantau. Fungsinya sangat penting untuk menjaga mesin agar tak overheat. “Cara cek air radiator ini mudah, posisi indikatornya ada di bodi tengah sebelah kanan,” terang Joko.

Kampas Rem
Sektor pengereman ini wajib dicek setiap servis, tinggal intip indikator penanda kampas sudah tipis atau belum. “Sebenarnya anjuran gantinya di 12.000 km, namun enggak bisa dijadikan patokan pasti. Beda orang beda cara riding, beda juga cara pengeremanya, makanya setiap servis mesti dicek terus biar selalu safety di jalan.” tutup Joko.

Tabel Harga
Oli GKO : Rp 92.000
Filter oli : Rp 150.000
Kampas rem depan : Rp 450.000 satu set
Kampas rem belakang : Rp 450.000

Tabel Pemeriksaan
Periksa Air radiator
Periksa sistem kopling dan setelannya
Periksa tekanan angin ban
Periksa sistem rem
Periksa baut, mur
Periksa cara kerja gass tangan
Periksa kampas rem depan belakang
Periksa setelan lampu depan
Periksa lampu sein dan stoplamp
Periksa lingkar ban
Periksa sikring
Periksa tegangan aki
Periksa sistem bahan bakar
Periksa sistem kemudi
periksa batas ketinggian minyak rem
periksa fungsi saklar
periksa rantai dan pelumasan
periksa kerenggangan valve
periksa kerusakan bearing roda
periksa putaran stasioner
periksa fungsi kerja sistem kontrol gas buang
periksa busi

 

Reporter : otomotifnet
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×