Dongkrak Power Vespa GTS Super 150 3V ie Hingga 2 dk Tanpa Bore Up, Ini Triknya

  • Senin, 17 Juli 2017 09:00 WIB

Upgrade Performa Vespa GTS Super 150 3V ie Biar Torsi Makin Kekar | Sigit/otomotifnet

Jakarta - Izrawan Bayu berprofesi personal trainer (PT) di salah satu gym ternama di Jakarta, wajar kalau badannya kekar. 

Bicara tunggangan enggak boleh kalah kekar dong. Pria yang tergabung di komunitas motor Satu Arah (SA) ini juga bikin kekar performa motornya tanpa bore up. 

Meski tanpa bore up, kru Pitikmabur 81 di Ciganjur, Jaksel sukses membuat Vespa GTS Super 150 3V ie ini makin ngacir.

Torsinya naik, kini jadi 11,6 Nm pada 6.200 rpm, 1,8 Nm lebih besar ketimbang standar yang hanya 9,8 Nm pada 4.500 rpm. Penasaran kan triknya?

Yuk bongkar! Sigit/otomotifnet.com

undefined

Porting Polish

“Karena enggak bore up, makanya cukup lakukan polished aja di area ini,” beber Agus Wachyudi dari Pitikmabur 81.

Polish pada jalur inlet dan outlet di kepala silinder dilakukan dengan masih mempertahankan desain jalur standar.

undefined

Noken As

Sedangkan untuk pengatur buka tutup valve, Cembung begitu Agus biasa disapa merancang ulang noken as.

“Durasinya saya pakai 256̊ serta LSA 100,5̊, torsinya makin ngejambak,” yakin pria asli Tegal, Jateng ini.

undefined

Piston Flat

Untuk menaikan kompresinya yang awalnya hanya 10,5:1 jadi 11,4:1, mekanik ramah ini mengaplikasikan piston aftermarket berprofil rata yang kemudian dimodif lagi supaya enggak mentok klep.

undefined

Ratio 

Biar akselerasi lebih cepat, mekanik kelahiran 1981 ini memainkan gigi rasio. Dibuat lebih ringan dari yang awal menggunakan 14/42 diubah jadi 15/42.

“Jadi lebih asyik hingga atas, bisa tembus 135 km/j saat dites di jalur lurus Kuningan,  Jaksel. Sebenarnya masih bisa naik tapi nyali saya sudah enggak cukup,” kenang Izra. 

undefined
Upgrade Performa Vespa GTS Super 150 3V ie Biar Torsi Makin Kekar

Knalpot LeoVince 

Untuk penyempurna setingan mesin yang baru, Izra tebus silencer LeoVince eks Honda CBR600RR. 

“Untuk leher knalpotnya dibuat ulang supaya tenaga yang dihasilkan bisa lebih maksimal,” tutur Izra yang senang dengan karakter suara silencer LeoVince yang tak terlalu berisik. 

undefined

Hasil Dyno

Tanpa bore up, peningkatan tenaganya cukup lumayan. Diukur di atas dynamometer Dynomite milik Ultraspeed Racing (USR) power naik 2,85 dk, sedang torsinya meningkat 1,8 Nm.

Sedang peak torsi-nya bergeser dari 4.500 rpm ke 6.200 rpm. Ya, bawanya harus gas lebih dalam, tapi lebih ngacir dong.

Data modifikasi

Kabel busi : Blue Thunder
ECU : Standar 
Pitikmabur 81 : 081294320709

Data performa

Torsi 
Upgrade 11,6 Nm @ 6.200 rpm 
Standar  9,8 Nm @ 4.500 rpm

Power 
Upgrade 10,95 dk @ 9.000 rpm
Standar 8,1 dk @ 8.100 rpm

Reporter : otomotifnet.com
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×