7 Fitur Motor Ini Bikin Turing Libur Lebaran Lebih Aman dan Nyaman, Sudah Ada Di Motormu Belum?

  • Senin, 19 Juni 2017 16:15 WIB

7 fitur pendukung turing | Dok OTOMOTIF

Jakarta - Mau liburan dengan diisi turing? Saat ini sudah lebih aman dan nyaman karena motor-motor baru menawarkan banyak fitur terkini yang mendukung perjalanan jarak jauh.

Kira-kira apa saja fitur yang kepake banget saat turing? Yuk lihat. (Fariz / Otomotifnet.com)

undefined
ban Tubeless

1. Ban Tubeless

Ban tanpa menggunakan ban dalam atau tipe tubeless memang bukan hal yang baru. Namun, semakin hari semakin banyak pabrikan yang menjadikan ban tipe tubeless menjadi fitur standar atau bawaan. 

Tentu saja dengan tipe ini membuat pengendara nyaman dan merasa tenang jika ingin melakukan perjalanan jauh tanpa khawatir ban bocor saat perjalanan, meskipun ban tipe ini juga bisa bocor namun punya waktu kempis yang lama.

Ada pun perlakukan seandainya ban tipe tubeless ini tertusuk paku, “Karena kondisnya darurat lebih baik ditambal dulu meski ban tidak benar-benar kehabisan angin. 

Kalau paku gak dicopot dikhawatirkan paku terus bergerak dan diameter lubang yang terkena paku tambah gede,” saran Dodiyanto selaku Marketing Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk.

undefined
Power outlet

2. Power Outlet 

Fitur satu ini berhubungan dengan kelangsungan hidup smartphone kita sob! Dijaman yang serba digital ini smartphone sudah menjadi kebutuhan utama untuk berkomunikasi maupun bermain dengan media sosial. 

Oleh karenanya sudah banyak motor – motor saat ini yang dilengkapi dengan power outlet, biasanya 12 volt dengan colokan berbentuk lighter seperti di mobil.

Selain itu penempatan power outlet ini pun terbilang aman, seperti pada Honda All New Scoopy dan Yamaha Aerox 155 yang letaknya ada di kompartemen sebelah kiri dilengkapi dengan penutup sehingga aman saat isi ulang baterai smartphone selama perjalanan.
 
Dengan begini sangat berguna saat turing sehingga tidak perlu takut lagi smartphone mati dan komunikasi tetap lancar.

undefined
Bagasi Lega

3. Bagasi Lega

Untuk melakukan perjalanan jauh pasti banyak barang bawaan yang akan dibawa, apalagi kalau turing yang memakan waktu cukup lama pasti makin banyak deh bawa pakaian ganti. 

Namun bagasi lega ini banyak ditemui pada tipe skutik seperti Vario 125 dan 150 eSP yang memiliki bagasi berkapasitas 18 liter muat untuk sebuah helm half face.

Jika ingin lebih besar bisa melihat Honda All New PCX dan Yamaha Aerox 155 yang punya kapasitas bagasi 25 liter yang bisa memuat satu buah helm full face.

4. Jok Tebal

Selain bagasi yang lega, jok dengan busa tebal dan empuk juga mendukung untuk melakukan turing karena ini berhubungan langsung dengan kenyamanan si pengendara dan pembonceng.

Beberapa motor yang punya busa empuk dan kulit jok nyaman yang pernah OTOMOTIF coba yaitu di varian dari Yamaha dan Suzuki. Ini berlaku baik untuk tipe skutik, bebek, maupun sportnya.

Bokong jadi gak gampang pedeeesss....

undefined
Fuel Avarage dan full range

5. Fuel Average dan Fuel Range

Bagian spidometer juga punya fitur yang bisa mendukung turing seperti indikator fuel average. Fungsinya untuk menghitung berapa rata-rata jumlah bahan bakar yang terpakai selama perjalanan biasanya dalam hitungan km/liter atau liter/100 km. 

Dengan fitur ini pengendara mengetahui sebarapa konsumsi bensin kendaraannya. Jadi bisa dikira-kira, gaya berkendaranya sudah bisa menghemat bensin sehingga jarak tempuhnya bisa lebih jauh atau belum.

Lebih maju, ada fitur, fuel range, fungsinya untuk memperkirakan seberapah jauh jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bensin yang ada di tangki bahan bakar.  

Umumnya fitur fuel range ini ada pada moge alias motor gede. Motor kecil yang memiliki fitur ini salah satunya adalah KTM Duke 200.

undefined
Windshield

6. Windshield

Biasanya ditemui pada skutik bongsor atau motor tipe adventure, sebagai contoh pada pada Yamaha NMAX, Yamaha XMAX atau MT-09 Tracer.

Lainnya ada di Honda PCX150 dan CB500X. Line up Kawasaki seperti Versys series juga ada.

Memang windshield bawaan motor terkadang punya bentuk yang mungil kurang melindungi pengendara, makanya banyak produk aftermarket yang membuat windshield dengan dimensi lebih besar sehingga dapat melindungi pengendara dari terpaan angin langsung secara maksimal.

7. ABS

Yang ini merupakan fitur keselamatan Anti-lock Bracking System, fungsinya mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman keras di jalan basar, hujan atau licik karena lumpur dan pasir.

Jika awalnya fitur ini hanya terdapat di motor 600 cc ke atas, namun sekarang motor-motor kecil juga pakai.

Seperti Yamaha NMAX, Aerox 155, YZF-R25 atau MT-25. Lalu Honda ada SH150i dan CBR250RR, KTM RC 250, Duke 250 dan masih banyak lagi.

Reporter : Otomotifnet.com
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×