First Ride Kymco Racing King 150i, Akselerasi dan Handlingnya Jos!

  • Kamis, 18 Mei 2017 15:45 WIB

Test Ride Kymco Racing King 150 | Salim

Jakarta - Tak hanya Kymco Downtown 250i yang disiapkan PT Smart Motor Indonesia di IIMS 2017 yang bisa dites oleh pengunjung, ada pula tipe Racing King 150i, yang tentu saja OTOMOTIF juga mencobanya.  

Apakah Anda enggak sempat mencoba skutik yang dijual Rp 33,8 juta OTR Jakarta ini? Biar enggak penasaran nih hasil first ride-nya. (Aant / Otomotifnet.com)

Desain
Melihat sosoknya, pasti langsung ingat Kymco yang pernah hadir awal 2000-an silam. Modelnya bongsor, pendek dan punya dek tebal. Jetmatic banget deh!

undefined

Fitur & Teknologi
Menyandang nama Racing maka kesan itu juga hadir di fiturnya. Lihat panel instrumennya yang porsi terbesar diisi takometer model jarum. Sporti kan?

Nah lanjut lihat suspensi yang kekar dikawal disc brake floating 240 mm dan kaliper 2 piston dicat merah. Suspensi belakang juga kekar dengan ulir unik, dua buah dila dengan sisi tengahnya rapat.

Teknologi paling menarik tentu adanya Variable Air Control System (VACS), intake dari filter udara ada dua, besar dan kecil. Di saluran yang besar ada katup yang digerakkan pakai solenoid.

Ketika putaran bawah, udara hanya lewat saluran yang kecil, kemudian di putaran atas katup akan membuka, sehingga udara bisa masuk lewat kedua saluran.

Fitur lainnya yang menarik Racing King 150i ini pakai lampu utama 2 buah tipe HS1. Atasnya juga ada lampu kecil, tapi enggak diaktifkan. Di setang ada DRL LED menemani sein yang juga LED.

undefined

Riding Position & Handling
Tinggi jok memang hanya 780 mm, namun herannya Tester OTOMOTIF yang berpostur 173 cm kakinya tak bisa menapak sempurna. Ternyata joknya cukup lebar sehingga mengangkang dan suspensinya keras, jadi diduduki tidak amblas. Saat kaki naik ke dek, posisi lutut sangat dekat dengan setang.

Nah suspensinya memang keras khas besutan balap, pantas namanya Racing King, karena di Taiwan memang ada balapnya loh! Coba melindas speed trap buatan yang disediakan, guncangan ke setang sangat terasa, enggak nyaman.

Tapi efek positifnya buat rebah anteng banget, presisi banget deh! Dan asyiknya saat belok sangat nurut dan ringan, maklum bobotnya hanya 115 kg. Seperti Downtown, Racing King sisi bawahnya enggak mudah menggasak jalan. Ternyata didesain bisa miring sampai 37°!

undefined
Test Ride Kymco Racing King 150

Performa
Dari pertama ngegas, OTOMOTIF cukup kaget dengan respon mesinnya, enteng dan cepet banget! Enggak salah deh kalau pakai nama Racing. Tenaganya memang cukup besar, 13,8 dk! Dan torsinya 11,7 Nm.

Selain dari teknologi VACS, tentu juga karena ruang bakar dengan bore x stroke 59 x 54,5 mm ini pakai 4 klep SOHC yang disokong pasokan bensin injeksi. Rasio kompresinya 11:1, tinggi tuh padahal pendinginan udara. 

Akselerasinya bisa mengalahkan Yamaha Aerox 155 VVA enggak ya? Tunggu hasil test ride-nya nanti ya!

Data spesifikasi Kymco Racing King 150i
P x L x T: 1.920 x 710 x 1.135 mm
Jarak Sumbu Roda: 1284 mm
Jarak ke tanah: 110 mm
Tinggi/Panjang Sadel: 780/780 mm    
Berat bersih: 115 kg
Tipe mesin: 4 Stroke, 4 Valve, SOHC, FI
Kapasitas: 149 cc
Silinder: Silinder tunggal
Sistem pendingin: Udara
Perbandingan kompresi: 11:1
Tenaga maksimal: 13,8 dk/8.500 rpm
Torsi maksimal: 11,7 Nm/6.500 rpm
Diameter x Langkah: 59 x 54,5 mm
Kapasitas oli mesin: 0,9 liter
Kapasitas oli transmisi/Tipe: 0,21 liter/#90    
Sistem Start: Elektrik
Transmisi: CVT Otomatis
Pengapian: ECU
Baterai: MF, 12V 9AH
Jenis bahan bakar: Bensin, oktan #92
Kapasitas tangki bahan bakar: 7,3 liter
Ban Depan: Tubeless 110/70-12
Ban Belakang: Tubeless 130/70-12
Rem Depan: Single Cakram @240 mm
Rem Belakang: Single Cakram @200 mm
Suspensi depan: Telescopic Fork
Suspensi belakang: Double Swing

 

Reporter : Otomotifnet.com
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×