Bedah Cara Kerja dan Fungsi Teknologi Smart Key System Yamaha Aerox 155 VVA

Reporter : otomotifnet
Editor : Dimas Pradopo

Kontak hanya berupa kenop putar, tak ada lagi lubang anak kunci | Istimewa

Detail Fungsi Smart Key System Yamaha Aerox 155 VVA

Jakarta - Fungsi SKS ini ternyata sangat komplek, tak hanya untuk menghidupkan mesin, tapi juga beragam fitur lainnya makanya dikasih embel-embel Smart. Apa saja?

Answer Back System
Jika lupa posisi saat parkir, pencet saja tombol power di anak kunci, maka sein akan berkedip diiringi suara. Answer Back System ini bekerja dalam radius sekitar 20 meter. Oiya suaranya juga bisa dibikin silent jadi ketika ditekan yang menyala hanya lampu sein, menurut Ridwan caranya dalam posisi kontak on tekan tombol anak kunci selama 9 detik, kalau mau menghidupkan lagi cukup lakukan hal yang sama.

Immobilizer, Membuka Tangki dan Jok
Fungsi utama SKS sebagai immobilizer, agar motor bisa dihidupkan. Menurut Ridwan agar bisa terdekteksi anak kunci mesti berada dalam radius jangkauan, “Yaitu sekitar 80 cm,” terangnya.

Setelah kunci terdeteksi, maka kenop kontak bisa ditekan, yang kemudian akan maka muncul lambang kunci di spidometer sisi kiri bawah. “Jika dibiarkan selama 4 detik, maka akan terkunci lagi secara otomatis,” terang Ridwan.

Kemudian jika diputar ke kanan sekali akan berada di posisi “Open” untuk membuka tangki bensin atau jok, tinggal tekan saja tombol jok atau tangki di sisi kanan kontak. Lalu jika diputar ke kanan sekali lagi maka posisi “On”, posisi di mana mesin bisa dinyalakan dengan menekan tombol starter. Sebaliknya jika diputar ke kiri dengan ditekan maka untuk mengunci setang.

Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa
Tekan kenop dan muncul lambang kunci, penanda kunci dan motor sudah konek

Parkir Tanpa Kunci Setang? Bisa!
Fungsi immobilizer ini juga bisa dikunci, jadi walaupun dalam jangkauan sekitar 80 cm, kenop tetap enggak bisa ditekan. Caranya dengan menekan tombol power anak kunci beberapa detik dalam posisi kenop off sampai LED biru menyala. Meski tidak terkunci setang, tapi immobilizer langsung nonaktif. Kenop enggak bisa lagi diputar untuk starter atau membuka bagasi.

Memberikan Peringatan Saat Lupa
Sistem immobilizer tak hanya berfungsi ketika menyalakan mesin, tapi juga untuk keamanan lain. Pertama memberi peringatan jika lupa mengunci atau mematikan kenop kontak lebih dari 30 detik saat mesin mati, maka akan bunyi buzzer atau alarm. Berikutnya akan ada peringatan jika kunci jatuh atau tak terdeteksi selama 30 detik, berupa nyala lampu berlambang kunci di spidometer, dan akan terus menyala sampai jarak 1 km.

Jika lebih dari itu, ketika mesin dimatikan maka otomatis terkunci. Kalau ternyata kuncinya terjatuh di jalan dan hilang, maka hanya bisa diaktifkan kembali dengan emergency ID.

Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa
Nah ini dia isi Smart Key, sedang kertas merah merupakan contoh Emergency ID yang wajib disimpan

Emergency ID
Di dalam Smart Key, jika dibongkar dan dilihat lebih detail, di IC yang digunakan ada kode berisi barisan nomor. “Itu emergency ID yang dipakai untuk menghidupkan motor jika anak kunci hilang, emergency ID ini juga dikasih berupa kertas yang harus disimpan dijaga rahasia nomornya,” wanti Ridwan. Caranya, akan dibahas terpisah ya!

Bila anak kunci hilang, maka bisa beli secara terpisah di dealer Yamaha dalam kondisi kosong. Agar bisa konek dengan modul di motor maka mesti disambungkan, “Yang tahu caranya khusus mekanik bengkel resmi,” terangnya. Tentu untuk keamanan.

Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa
Untuk emergency, tetap ada anak kunci biasa untuk membuka jok, lubangnya di kolong belakang

Kunci Jok Manual
Selain emergency ID, pengguna Aerox S Version juga dikasih anak kunci biasa, fungsinya untuk apa? “Untuk membuka jok jika yang bermasalah akinya,” ujar Ridwan. Lubang kunci untuk membuka joknya ada di kolong di atas roda belakang. Lubang kuncinya dilengkapi tutup karet agar enggak kotor kena kotoran di jalanan.

Reporter : otomotifnet
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×