Bedah Cara Kerja dan Fungsi Teknologi Smart Key System Yamaha Aerox 155 VVA

Reporter : otomotifnet
Editor : Dimas Pradopo

Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa | Istimewa

Jakarta - Yamaha Aerox 155 VVA yang diperkenalkan awal November 2016 silam, sangat menarik konsumen, karena tak hanya berdesain sporti dan punya kaki-kaki kekar, tapi juga mengusung berbagai teknologi yang menjadikannya berkesan modern dan punya nilai jual tinggi.

Teknologi terkini yang dipakai salah satunya Smart Key System (SKS). Penasaran dengan detail SKS ini? Yuk kita kupas langsung! • (Aant/otomotifnet.com)

 Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa
Ini dia Smart Key atau anak kuncinya, kecil kan?

Cara Kerja
Teknologi SKS ini ada di Aerox S Version atau yang paling tinggi. Cirinya kontak hanya berupa kenop putar, dan anak kunci berupa kota kecil berbahan plastik, dengan sebuah tombol power. Mirip kunci mobil masa kini cuma lebih kecil. SKS ini kerjanya cukup rumit, karena ada 3 komponen yang bekerja.

“Yaitu Smart Key atau anak kuncinya, Smart Unit yang menerima sinyal dan terhubung dengan ECU,” terang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Jadi saat anak kunci memancarkan sinyal kemudian diterima Smart Unit yang diproduksi oleh Mitsubishi Electric Corporation Jepang, jika sinkron maka memberi perintah ke modul di kontak untuk bisa diaktifkan.

Smart Unit juga memberi perintah ke buzzer jika ada kondisi berbahaya, misal lupa mematikan kontak. Smart Key ini di dalamnya sebuah rangkaian elektronik yang memancarkan sinyal, makanya berisi juga sebuah baterai model kancing berkode CR2032 3V.

Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa
Kontak hanya berupa kenop putar, tak ada lagi lubang anak kunci
Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa
Ini Smart Unit bikinan Mitsubishi, langsung dari Jepang!
Bedah Teknologi SKS Yamaha Aerox 155 VVA Bukan Kunci Biasa
Buzzer letaknya di dada motor, sudah konek tepat di belakang lampu utama

 

Reporter : otomotifnet
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×