Yamaha Berencana Bikin Motor Listrik Berpenggerak Roda Depan

  • Selasa, 14 Maret 2017 04:24 WIB

Sketsa paten motor listrik berpenggerak roda depan Yamaha | Morebikes.co.uk

Jakarta - Yamaha baru saja mendaftarkan paten sketsa untuk model sepeda motor listriknya. Menariknya, desain baru menunjukkan jika motor listrik ini nantinya akan menggunakan roda depan sebagai poros penggeraknya. Bukan roda belakang seperti motor konvensional.

Yamaha sendiri memang belum memberikan penjelasan detail soal paten sketsa ini, namun printilan gambar dalam paten tersebut memperlihatkan jalur kabel listrik yang akan menyuplai tenaga ke bagian roda depan. Kira-kira seperti apa ya bentuk finalnya? Maka itu kita tunggu saja.

Sekadar informasi, sepeda motor berpenggerak listrik di roda depan memang bukan teknologi baru di dunia motor. Tercatat, pada 2015 lalu, BMW bekerja sama dengan Wunderlich memperkenalkan model R1200GS LC Hybrid dengan tambahan fitur penggerak roda depan.

Tenaga yang disalurkan ke roda depan, mampu membawa R1200GS LC Hybrid melaju dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Asyiknya, roda depan juga bisa berjalan mundur dengan kecepatan sekitar 3 km/jam.

Motor dengan penggerak listrik di roda depan juga kian rasional diterapkan karena teknologinya yang cukup fungsional. Misal ketika pengendara melakukan pengereman, maka otomatis energi kinetis yang dihasilkan akan mengisi ulang baterai motor tersebut. Canggih ya.(Otomotifnet.com)

Sketsa paten motor listrik berpenggerak roda depan Yamaha
Sketsa paten motor listrik berpenggerak roda depan Yamaha

 

Penggerak roda depan R1200GS LC Hybrid
Penggerak roda depan R1200GS LC Hybrid

 

Reporter : Luthfi Anshori
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×