Surat Pemutusan Hubungan Dealer KTM Tak Ditanggapi, Harga Baru Duke dan RC Tetap Berjalan

  • Sabtu, 20 Agustus 2016 18:30 WIB

KTM RC390 | Aant

Jakarta - PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) yang statusnya telah menjadi agen pemegang merek (APM) KTM terlebih dahulu tetap teguh pada pendiriannya, meyakini bahwa PT Penta Jaya Laju Mandiri (PJLM) yang menggelar pameran di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 (11-21/8) adalah jaringan dealernya dan melakukan penurunan harga secara ilegal.

Efeknya, PT JSS sudah menyiapkan surat pemutusan hubungan dealership. Dalam surat yang belum boleh dipublish kepada khalayak umum ini tertanggal 19 Agustus 2016, hubungan dealership diputus secara sepihak.

Dalam surat tersebut disampaikan penegasan bahwa PT JSS sebagai APM tidak pernah menerapkan kebijakan penurunan harga, dan menyatakan bahwa pernyataan penurunan harga oleh PT PJLM bukan merupakan kebijakan APM.

"Ada pihak yang overlapping dalam memberikan press conference. Dealer kan seharusnya tidak punya kewenangan kecuali mendapatkan persetujuan dari APM. Itu saja masalah utamanya," ungkap Jimmy Budhijanto, sebagai Presiden Direktur PT JSS saat dihubungi via telepon malam ini (19/8).

Jimmy menegaskan bahwa satu-satunya Agen Pemegang Merk (APM) dan pemilik hak distribusi sepeda motor KTM di Indonesia adalah PT JSS. Hak ini juga melibatkan harga. Dengan demikian, setiap program mengenai harga, hanya akan diterbitkan oleh PT JSS.

"Siapa pun itu, tidak berhak untuk menurunkan harga tanpa persetujuan PT JSS. Itu perdagangan melanggar hukum. Ini telah meresahkan konsumen dan dealer resmi dari KTM Indonesia," kata Jimmy Budhijanto lagi.

Bahkan jika program ini telah tersebar, Jimmy memastikan itu adalah kesalahan besar. "Dalam hal penjualan produk tersebut, PT JSS tidak akan bertanggung jawab atas layanan purna jual," ungkap Jimmy pasti.

PT PJLM Bukan Dealer PT JSS?
Sehubungan dengan adanya surat pemutusan hubungan dealership ini, PT Penta Jaya Laju Mandiri (PJLM) mengaku tidak akan merivisi harga. "Kami tegaskan, kami bukan dealer PT JSS, tapi kami adalah APM yang ditunjuk Bajaj Auto Limited sebagai pihak yang telah ditunjuk oleh KTM Austria untuk pasar Indonesia," buka Kristianto Goenadi, President Director PT PJLM.

Ia juga mengirimkan link press realese dari website resmi KTM group, klik di sini. "Itu adalah realese resmi dari KTM Austria, bahwa Bajaj resmi join forces untuk Indonesia dan PT JSS hanya big bike di atas 400 cc," tuturnya.

Link-Press-Realese-KTM
 

"Untuk small engine kurang dari 400 cc dihandle oleh Bajaj. Dan Bajaj telah menunjuk PT PJLM sebagai agen pemegang merek sesuai agreement yg di tandatangani pada tanggal 12 Agustus 2016 lalu," papar pria yang biasa disapa Kris ini sambil menjelaskan jika Bajaj memiliki 48 persen saham mayoritas di tubuh KTM Austria.

Reporter : Dimas Pradopo
Editor : Dimas Pradopo

Tags :

#ktm duke

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×