Senin,27 Feb 2017 15:17 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

7 Hal Menarik Dari Spyshoot Yamaha V-Ixion Baru

Foto: @hm_ali_ch

Spyshot Yamaha V-Ixion baru

Bekasi - Wujud dari generasi baru Yamaha V-Ixion secara garis besar sudah diketahui melalui bocoran yang diunggah netizen di media sosial, kemarin (25/2).

Bahkan sebelumnya, potongan-potongan gambar calon penerus Yamaha New V-Ixion Advance ini sudah beredar luas dan ramai dibahas di forum-forum otomotif dan komunitas motor di media sosial.

Dari kumpulan spyshoot tersebut, setidaknya ada 7 hal menarik yang ditemukan dari Yamaha V-Ixion baru ini.

Apa saja? Yuk simak.

Mulai Dari Headlamp Baru Berteknologi LED

Headlamp Yamaha V-Ixion baru
Headlamp Yamaha V-Ixion baru

Yamaha V-Ixion baru dibekali dengan desain headlamp baru yang bentuknya cenderung kalem dan sudah dibekali teknologi LED. Sementara untuk lampu-lampu sein masih menggunakan model lawas yang bertenaga bohlamp.

Posisi Kunci Kembali Area Dasbor

Dari gambar di atas, terlihat jelas posisi kontak Yamaha V-Ixion baru terpasang di dekat setang atau area sekitar dasbor, tidak lagi di ujung tangki seperti dua generasi Yamaha V-Ixion sebelumnya.

Sementara untuk jenis rumah kuncinya masih mengusung model SKS (Secure Key Shutter) dengan pengaman bermagnet, namun model kuncinya didesain seperti kunci milik Yamaha Xabre.

Lampu Belakang Baru Berteknologi LED

Yamaha V-Ixion Baru tampak belakang
Yamaha V-Ixion Baru tampak belakang

Tak hanya lampu depan, lampu belakang Yamaha V-Ixion baru pun sudah dibekali teknologi LED. Dilihat sekilas, seperti milik lampu belakang milik Yamaha Xabre yang berdesain agresif.

Panel Instrumen Full Digital

Jika generasi Yamaha V-Ixion sebelumnya masih mengombinasikan panel instrumen analog dan digital, maka di Yamaha V-Ixion baru sepenuhnya sudah mengadopsi panel instrumen digital. Dari gambar di atas bisa terlihat kan bentuk panel instrumennya yang persegi panjang.

Sepatbor Belakang Model Gantung

Spyshot Yamaha V-Ixion baru
Buritan Yamaha V-Ixion baru

Yamaha V-Ixion baru bakal dilengkapi dengan sepatbor belakang model gantung mirip R15 atau R25, pastinya jadi lebih sporty nih. Dan mudah-mudahan bisa dipasang dan dicopot dengan mudah, seperti sepatbor milik Suzuki GSX-R150/S150.

Shroud dan Garis Desain Baru

Spyshot Yamaha V-Ixion baru
Spyshot Yamaha V-Ixion baru

Yamaha V-Ixion baru dibekali dengan desain shroud baru yang lebih tajam. Menariknya, shroud dibuat seolah menyatu dengan garis horisontal yang memanjang hingga buritan.

Teka-Teki Soal Mesin

Spyshot Yamaha V-Ixion baru
Spyshot Yamaha V-Ixion baru

Dilihat dari konstruksinya, jelas Yamaha V-Ixion baru masih mempertahankan jenis mesin lamanya yang SOHC. Namun semoga saja Yamaha memberikan tambahan teknologi seperti Variable Valve Actuation (VVA) layaknya All New Yamaha R15.  

VVA merupakan paten dari Yamaha yang memungkinkan klep in memiliki dua durasi dan lift yang berbeda, sehingga suplai bahan bakar dan udara di putaran bawah menghasilkan respons mesin yang baik tanpa mengorbankan tenaga di putaran atas. Kita tunggu saja!  (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top