Modifikasi Motor Sport Beijing GS 200 Jadi ATV Quad, Keren!

  • Senin, 15 Mei 2017 07:45 WIB

Beijing GS 200, 2013 Eits Jadi ATV Quad | Gombak/otomotifnet

Solo - Motor asal Tiongkok berlabel Beijing GS 200 ini aslinya sport bike full fairing tulen. Namun karena order khusus dari pemilik sebuah resort di pulau Dewata Bali, sosoknya dipaksa berubah drastis menjadi All Terain Vehicle (ATV) Quad oleh Rwin Development yang digawangi Rubiyanto. 

Ini agak berbeda dari pengalaman Rubiyanto sejak 2005 merancang motor tiga roda untuk difabel. Biasanya hanya menambah dua roda di depan, “Sedang untuk modifikasi ini saya juga perlu memodifikasi menambah 2 roda di belakang,” buka pria ramah ini yang sempat lihat-lihat konstruksi ATV seperti Yamaha Raptor 250.

“Saya melihat tatanan kaki-kaki yang cocok dengan klasifikasi ATV. Ada suspension system, steering system dan drive train. Lalu saya jabarkan dengan struktur desain rancang bangun olahan saya. Jadinya malah total berbeda, karena basisnya dari motor sport. Bukan basis ATV,” senyum Rubiyanto.  Yuk lihat ubahannya! 

undefined

( BACA JUGA : Modifikasi Honda Vario 125 Tiga Roda, Bisa Mundur! )
( BACA JUGA : Lebih Dekat Dengan Truk Roda Tiga, Cikal Bakal Produk Mazda )

Kaki Depan Unleanting Reverse
 
Masih mengandalkan rangka standar, Rubiyanto menambahkan rangka tubular untuk dua roda depan menggunakan bahan pipa chromoly denum. Sedang konstruksinya dia sebut dengan istilah unleaning reverse.

“Saat belok, roda depan enggak ikut miring tapi tetap tegak,” ungkapnya sambil menjelaskan konstruksi ini paling cocok dengan rangka standar bawaan motor. Meski begitu enggak kaya gerobak, suspensi roda depan ini tetap bekerja secara independent kanan dan kiri bekerja sendiri-sendiri.

Kontruksi rangka sayap yang berisi upper dan lower wishbone serta komponen steering rod dibuatnya. Ketiganya tampak paralel sejajar bila dilihat dari depan. Oiya, ada pula steering knuckle dari copotan mobil dan bushing menggunakan bahan teflon yang diklaim awet. 

Suspensinya, ditopang oleh 2 unit sokbreker tabung panjang 27 mm, yang terpasang dengan kemiringan 35º dengan posisi saling berlawanan. Dudukannya terkunci langsung ke braket subframe custom. Otomatis mengunci gerak roda depan, yang enggak ikut miring ketika motor melakukan cornering.

undefined

Pakai Gardan Dan BIsa Mundur

Mengintip kaki belakangnya tampak sistem penggeraknya bukan rantai. Namun gardan, maka disitu ada kopel sebagai penghubung antara girbok yang dicomot dari motor roda 3. Sehingga ATV Quad Beijing ini bisa bergerak mundur. 

Sistem suspensi monosok tetap bawaan motor. Komponen itu menopang swingarm bawaan yang dicustom terkoneksi dengan gardan motor roda 3 yang telah disesuaikan lebarnya.  Ssst biayanya, habis Rp 15 jutaan nih!   (Gombak / otomotifnet.com)

Plus: Sukses jadi ATV
MInus: Bodi masih standar

Data Modifikasi
Pelek : ATV 7.00x10 dan 10.00x10
Ban : ATV 21x7-10 dan 20x10-10
Swing arm : Custom gardan roda 3
Rwin Development : 085740099945

Reporter : Otomotif.Grid.Id
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×