Modifikasi Honda CBR900RR 1995, Memilih Jadi Cafe Racer Tua

  • Minggu, 1 Januari 2017 14:09 WIB

Modifikasi Honda CBR900RR Fireblade | indra/otomotifnet

Bentuk standarnya seperti terjebak di ruang waktu, modern enggak klasik pun belum sampai. Akhirnya diputuskan dibuat lebih tua

Jakarta - Superbike Honda CBR900RR milik Fahrul ini cukup ‘rare’, cuma diproduksi pada rentang 1992-1995 dengan volume ruang bakar 893cc sebelum kapasitas mesinnya naik jadi di atas 900 cc.

Tapi bentuknya, seperti terjebak di ruang waktu. Enggak oke lagi. Dibilang modern kok bentuknya gendut khas 90’an, tapi mau bergaya klasik bak cafe racer yang sedang ramai juga kurang tua. Akhirnya diputuskan untuk mundur dalam melakukan modifikasi Honda CBR900RR Fireblade ini. Menyulapnya jadi lebih tua.

“Masih suka aura balap meski bukan untuk balapan, jadi modifikasinya cafe racer seperti motor balap jadul dengan fairing yang lebih klasik,” kata Fahrul seraya menunjuk Baru Motor Sport (BMS) jadi bengkel rujukannya.

Rumah modifikasi yang berada di kawasan Palmerah, Jakpus ini langsung cari referensi, motor balap full fairing tahun 70-80’an. Pelat setebal 1,2 mm digunakan untuk mewujudkannya. Uniknya, enggak full dress, bagian bawah dibiarkan terbuka.

Modifikasi Honda CBR900RR cafe racer
 

“Sengaja half fairing agar mesin 4 silindernya tetap terlihat gagah,” jelas Ariawan Wijaya bos dari BMS sambil meracik fairing yang melengkung dinamis dan tampak klop dikawinkan dengan headlamp LED juga windshield custom.

Area buritan, buntut baru dipasang pada subframe pipa teralis yang dibuat baru menggusur rangka belakang aluminium. Hal unik lainnya ada di kaki-kaki, meski klasik enggak mau pakai suspensi depan teleskopik biasa, akhirnya peredam kejut Suzuki GSX-R750 dipasang.

Sedang peleknya dipertahankan belang, yang depan ring 16 inci dengan lebar 3 inci, kalau yang belakang 17 inci lebar 6 inci. “Pelek standarnya sudah unik, makanya tetap dipertahankan,” beber Ari.

Satu lagi yang berbeda adalah, Ari mengganti selang radiator dengan pipa stainless, “Dibuat pakai pengelasannya seperti las knalpot dan ini gak mudah retak seperti berbahan karet,” tutupnya. (Indra / otomotifnet.com)

Plus: Lekukan bodi tampil sesuai modelnya
Minus: Ban enggak seragam dan kurang racing look, minim perangkat lalu lintas 

Modifikasi Honda CBR900RR Fireblade
 

Data Modifikasi:
Ban depan : Battlax 120/70-16
Ban belakang : Battlax 180/55-17
Pelek : standar
Upside down : GSX-R750
Kaliper : Tokico
Radiator : Alumunium
Knalpot : Custom
Footstep : Katsumoto
Handgrip : Anodised
Bar end : Anodised
Lampu belakang : CBR600RR
Bodi : Custom BMS
Headlight : Daymaker
Baru Motor Sport : 081915113717

Reporter : Otomotifnet
Editor : Dimas Pradopo

Tags :

#cafe racer

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×