Pasar Moge Terus Meningkat, Triumph Indonesia Targetkan Jual 200 Unit di 2017

  • Sabtu, 4 Maret 2017 11:21 WIB

Triumph Authorized Dealer di kawasan Kemang, Jakarta Selatan | Luthfi Anshori

Jakarta - Di tahun 2016, penjualan sepeda motor nasional mengalami penurunan sebanyak 8,4 persen. Dari 6.480.155 unit di 2015, menjadi 5.931.285 unit di 2016. Di tahun 2017 ini pun, kondisi pasar sepeda motor diprediksi stagnan.

Bagaimana dengan segmen moge?

"Kalau market sepeda motor di Indonesia secara keseluruhan saya kurang tahu. Tapi kalau untuk motor besar, trennya selalu meningkat karena punya segmen sendiri," beber R. Hari Triadji, President Director PT Garda Andalan Selaras (GAS), agen pemegang merek Triumph di Indonesia sejak Agustus 2016.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Triwheel ini mengatakan jika orang-orang kelas menengah Indonesia sudah memandang kendaraan roda dua premium sebagai barang yang wajib dimiliki. "Orang dengan jabatan manajer pun sekarang harus punya motor besar," tambah pria yang juga pengacara ini.

President Director PT Garda Andalan Selaras
(kiri) Sapta Hariaji, Sales and Marketing Director PT GAS dan (kanan) R. Hari Triadji President Director PT GAS

Bagi Triumph sendiri, lesunya kondisi ekonomi secara nasional memang tidak begitu berpengaruh terhadap hasil penjualannya. Buktinya, PT GAS berhasil menjual sebanyak 85 unit motor asal Inggris dari periode Agustus 2016 sampai Desember 2016.

"Dan mayoritas konsumen kami nggak ada yang beli lewat leasing, langsung cash," tambah Triwheel seraya memberi tahu kalau konsumen Triumph berusia antara 25-45 tahun. Lalu bagaimana dengan target penjualan tahun ini?

"Dengan tambahan 5 model baru, tahun ini kita targetkan jual 190-200 unit motor di wilayah Jakarta. Untuk persentase penjualan tiap modelnya, kita menyesuaikan permintaan. Tapi biasanya 70 persen model klasik, sisanya model adventure dan lainnya," sambung Sapta Hariaji, Sales and Marketing Director PT GAS.

Untuk menunjang kegiatan bisnisnya, PT GAS telah membangun showroom baru Triumph di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Showroom baru ini dibangun mengikuti standar internasional.

Memiliki bangunan seluas 580 meter persegi, showroom ini difokuskan untuk kegiatan penjualan, baik unit motor maupun pernik apparel. "Sementara untuk layanan purna jualnya difokuskan di dealer Benda," lanjut Sapta.

Melihat proyeksi ke depan, PT GAS juga berencana membuka dealer di luar Jakarta untuk pengembangan bisnisnya. Kendati belum memberi tahu secara pasti lokasi mana yang akan dituju, PT GAS mengatakan jika Medan dan Yogyakarta memiliki pasar moge yang cukup bagus.

Apakah ini berarti dealer Triumph selanjutnya akan berada di dua kota tersebut? Kita tunggu saja.(Otomotifnet.com)

 

Reporter : Luthfi Anshori
Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×