Jumat,10 Maret 2017 10:15 WIB

Penulis: Safar

Wuih! Ford Model T Serta Dodge Brother Masih Orisinil Dipajang Di Expo Industri Kreatif Bali

Foto: Safarianshah

Duo mobil tertua ini dalam kondisi mesin masih hidup

BALI - Duo mobil tertua Ford model T dan Dodge Brother masih orisinil ikut tampil dalam ajang Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor Seni, di Denpasar, Bali.
 
Dua mobil koleksi Jos Dharmawan dari Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) ini menjadi mobil tertua diantara 26 mobil kuno yang dipamerkan dalam ajang pameran industri kreatif perdana 7-12 Maret 2017, di Bali Creative Industry Center.
 
"Mobil antik yang dipamerkan itu ada yang diproduksi sebelum kita lahir," ujar Ketua Panitia Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor Seni (EIKMMS) 2017, Putu Arya Sedhana.
 
Putu menambahkan, dirinya merasa harus ada wadah bagi para pegiat mobil kuno dalam bentuk fasilitas museum untuk menyimpan mobil.
 
"Untuk mobil antik seperti ini butuh wadah seperti museum," kata Putu yang juga menjadi pengurus Kadinda Bali.
 
Sementara, pemilik sekaligus Dewan Pembina PPMKI, Jos Dharmawan mengatakan, mobil yang paling tua dipamerkan ialah Ford model T yang diproduksi 1913 dan Dodge Brother yang diproduksi 1920 masih dijaga orisinalitasnya.
 
"Mobil paling tua itu ada Ford model T dan Dodge Brother. Dua duanya masih orisinil. Menjaga orisinalitas dari mobil kuno itu yang penting. Bagi saya itu kepuasan tersendiri. Terkadang pernak pernik, komponen yang kecil susah didapatkan. Tapi kalau soal mesin gampang, karena mesin mobil tua mudah diperbaiki," tambah pria yang memiliki galeri khusus untuk koleksi 200 unit mobil antik miliknya.
 
Jos menjelaskan, 26 unit mobil antik yang dipajang di ajang pameran industri kreatif otomotif ini seluruhnya masih bisa digunakan. "Semua mobil ini bisa jalan," kata Jos.
 
Dalam menjaga orisinalitas mobil kuno, Jos Dharmawan hanya melakukan perawatan seperti layaknya mobil biasa. "Kalau perawatan seperti mobil biasa," pungkas Jos. (Otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top