Radar Gelombang Micro Kebal Cuaca Ekstrem, RTMS Jasa Marga Siap Kawal Mudik-Balik Lebaran 2017

  • Senin, 19 Juni 2017 13:41 WIB

Jasa Marga akan pantau arus mudik-balik Lebaran 2017 | Bil

Jakarta - Jasa Marga Persero siapkan RTMS (Remote Traffic Microwave Sensor) G4. RTMS ini juga kebal cuaca dan bebas perawatan, sehingga tak ada alasan gagal berfungsi alias rusak pada saat kondisi cuaca ekstrem.

RTMS G4 merupakan perangkat nirkabel berbasis radar jarak jauh menggunakan gelombang micro yang berfungsi sebagai peringatan dini adanya kepadatan lalin di jalan tol. 

"RTMS dipasang disejumlah titik yang menjadi simpul kemacetan. Kita siapkan 23 unit RTMS," jelas Raddy R Lukman, VP Divisi Operation Management PT Jasa Marga Persero.

Sinyal RTMS bersifat tidak menganggu sinyal telekomunikasi, sehingga aman untuk pengguna jalan tol. RTMS dibekali sensor canggih untuk mendeteksi dan mengukur lalu lintas di jalan tol.

Secara akurat, RTMS mampu menghitung beban lalulintas jalan tol. Kemudian secara real time, melaporkan kondisi traffic kepada pusat komando untuk dilakukan persiapan rekayasa lalin.

Instalasi RTMS G4 merupakan radar tiang jalan kecil yang dipasang di band microwave. Bersamaan dengan itu, sensor ini menyediakan informasi per jalur serta informasi volume, hunian, kecepatan dan klasifikasi di 12 zona deteksi yang ditentukan oleh operator.

Informasi output diberikan kepada pengendali yang ada melalui penutupan kontak dan sistem komputasi lainnya oleh port serial, port komunikasi IP atau oleh modem radio opsional. RTMS tunggal dapat mengganti beberapa detektor loop induktif dan pengontrol petugas.

G4 menggabungkan radar beresolusi tinggi dan berbagai pilihan komunikasi termasuk solusi nirkabel di dalam satu kandang tunggal. Stasiun deteksi kabinet yang ramping ini mudah untuk diintegrasikan ke dalam sistem apa pun apakah kontrol sinyal perkotaan atau manajemen lalu lintas jalan raya. (Otomotifnet.com)

Reporter : Harryt MR
Editor : toncil

Tags :

#mudik 2017

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×