Punya Budget Rp 100-150 Juta, Pilih Yaris, Swift, Mazda2, Rio, Grand Avega Atau Jazz?

  • Rabu, 15 Maret 2017 10:55 WIB

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta | KYN/otomotifnet

Jakarta - Keberadaan mobil model hacthback banyak kita jumpai di jalanan.

Bagi yang punya budget kisaran Rp 100 - Rp 150 juta dan ingin menebus mobil bekas tersebut, silakan simak beberapa pilihan berikut dengan keunggulan masing-masing yang dimilki serta cara memilihnya .

Mazda2 - Model Sporty Yang Dinamis

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Mazda2

Mazda2 diminati anak-anak muda lantaran bentuk yang sporty dan dinamis. Terlebih lagi  model yang kompak sehingga mudah dikendalikan. Umumnya pengguna Mazda2 ini adalah anak muda dan wanita.

Bahkan, tidak sedikit Mazda2 yang sudah dimodifikasi pemiliknya. Mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc DOHC Mazda2 memang enak dan mudah dikendarai.

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Mazda2

Apalagi untuk tipe RZ sudah dilengkapi entertainment system dengan GPS dan Smart Enertainment System dengan koneksi internet, membuat penumpang semakin betah di mobil.

“Jika ingin membeli Mazda2 ini dalam kondisi seken, perhatikan kondisi kaki-kaki. Seperti joint setir, rack steering, juga sokbreker,” jelas Ruslan, Kepala Bengkel Tepat Motor di kawasan Letnan Sutopo, Tangerang Selatan.

Selain itu perhatikan juga elektrikal seperti motor ekstra fan. Untuk harga seken tahun 2012 berkisar Rp 130 juta sampai Rp 140 jutaan, tergantung kondisinya.

Toyota Yaris - Banyak Digemari Wanita

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Toyota Yaris

Toyota Yaris menjadi salah satu hatchback yang paling digemari di Indonesia, terutama oleh wanita dan anak muda. Dimensinya yang kompak membuatnya lebih mudah dikendarai oleh kaum hawa, juga modelnya yang disenangi anak muda karena mudah dimodifikasi.   

Dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc berteknologi VVTi, Yaris cukup kencang dibandingkan dengan mobil sekelasnya. Transmisi matiknya juga tidak pernah bermasalah.

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Toyota Yaris

Posisi menyetirnya juga cukup nyaman, hanya saja duduk di jok belakang dalam waktu yang agak lama membuat badan agak sedikit pegal.

Overall, Yaris jarang ada yang bermasalah. Namun yang pasti Anda harus mengecek secara keseluruhan. Termasuk bagian kaki-kaki seperti sokbreker, tierod, dan lainnya.

Untuk harga yang tahun 2012 ini berkisar Rp 140 juta sampai Rp 148 jutaan.

Suzuki Swift - Nyaman Dikendarai Di Dalam Dan Luar Kota

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Suzuki Swift

Suzuki Swift banyak ditemui di pasar mobkas, termasuk versi GX yang cukup popular. Modelnya memang lebih modern dan sporty, dengan desain eksterior juga sudah beda dengan generasi sebelumnya. Seperti di beberapa bagian, mulai dari head lamp, stop lamp, dan bumper.

Mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc dengan transmisi matik, membuat Swift nyaman dikendarai di dalam maupun luar kota. Duduk di kabin juga cukup nyaman.

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Suzuki Swift

Umumnya, rack steering ada bunyi mengganggu setiap lewat jalan yang jelek, solusinya diberi teflon dan plunger diganti.

Jika tidak sempat ke bengkel resmi Anda bisa ke bengkel spesialis power steering terdekat untuk memperbaiki rack steering-nya.

Untuk harga sekennya tahun 2013 berkisar Rp 143 juta sampai Rp 148 jutaan.

Kia Rio - Harga Lebih Terjangkau

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Kia Rio

Kia Rio ini modelnya sangat berbeda dari generasi pendahulunya. Oleh karena itu, hatchback asal Korea ini menjadi 'mainan baru' bagi yang ingin memiliki mobil jenis hatchback dengan harga yang terjangkau.

Mesin 4 silinder berkapasitas 1.400 cc yang dilengkapi teknologi Camshaft Variable Valve Timing (CVVT) cukup handal untuk dijadikan mobil harian.

Transmisi otomatis 4-speed dengan fitur Shiftronic juga membuat pengemudi lebih nyaman ketika harus menghadapi kemacetan.

“Ada beberapa keluhan mesin ngelitik, bisa dari setelan gap busi yang renggang setelah beberapa waktu mobil dipakai, tinggal setel ulang saja gap businya,” bilang Arief, spesialis mobil Korea dengan emblem gerai Sinar Raya Motor di BTC, Bintaro Jaya.

Selain itu pada saat musim hujan seperti sekarang, jika timbul bunyi dari suspensi depan. “Biasanya karena sering terkena air di jalan, solusinya datang ke bengkel, untuk minta dilumasi dengan grease lagi,” jelas Arief lagi.

Untuk harga sekennya ada dikisaran Rp 125 juta sampai Rp 135 jutaan.

Hyundai Grand Avega - Tampilan Mewah & Elegan

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Hyundai Grand Avega

Hatchback dari pabrikan Korea Selatan pesaing Kia ini juga cukup laris di pasaran mobkas. Modelnya terbilang mewah dan elegan, kabin juga cukup lapang dengan mesin yang cukup handal.

Hyundai Avega ini dibekali mesin 4 silinder berkapasitas 1.400 cc dengan transmisi matik 4 speed shiftronic. Ketika Anda hendak membeli Avega seken, perhatikan kondisi mesin dan kaki-kaki.

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Hyundai Grand Avega

Ada beberapa pemilik Avega yang mengeluhkan ngelitik atau knocking, lalu ada hentakan pada transmisi matiknya yang bisa diselesaikan dengan meng-update ECU di bengkel resmi Hyundai.

“Sedangkan rack steering bisa dibereskan dengan mengganti yoke steer-nya,” jelas Arief, juragan Sinar Raya Motor, spesialis mobil Korea.

Untuk harga seken tahun 2013 saat ini bisa didapat di kisaran harga Rp 115 jutaan sampai Rp 125 jutaan, tergantung kondisi.

Honda Jazz - Jadi Ikon Hatchback

Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Honda Jazz
Mobil yang satu ini terbilang sangat laris penjualannya, sehingga dijuluki ikon hatchback. Honda Jazz banyak dipakai oleh anak muda, wanita, juga para pria yang ingin tampil modis seperti anak muda.
 
Modelnya pun terbilang sporty dan dinamis. Mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC, Jazz terkenal akan kebandelan mesin dan keiritan konsumsi bahan bakar.
Pilihan Hatchback Bekas Kisaran Harga Rp 100 - Rp 150 Juta
Honda Jazz

Untuk tipe RS bahkan dilengkapi paddle shift untuk transmisi otomatisnya. Interiornya juga cukup lapang sesuai ciri khas Honda, berada di dalam Jazz ini juga cukup nyaman.

Harga sekennya untuk tahun 2011 saat ini berkisar di Rp 145 jutaan sampai Rp 149 jutaan. Kyn/otomotifnet.com

 

 

Reporter : otomotifnet
Editor : rio

Tags :

#hatchback

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×