Sabtu,25 Feb 2017 11:00 WIB

Penulis: otomotifnet

OTOMOTIF Traveling. Menikmati Pesona Karang Salvador Dali di Taman Laut Olele

  • Foto: Istimewa

    OTOMOTIF Traveling Taman Laut Olele Pesona Sponge Karang Salvador Dali

  • Foto: Istimewa

    Meyelam Di Goa Jin

  • Foto: Istimewa

    Mampir Ke Danau Limboto Dan Benteng Otahana

Gorontalo - Provinsi Gorontalo punya potensi wisata cukup menjanjikan. Terutama wisata alam dan peninggalan sejarahnya. Nah, buat sobat yang suka nyelem-nyelem, baik itu snorkeling maupun diving, di Gorontalo tak kalah cihuy.

Spot menyelam paling beken yang terkenal seantero dunia adalah sponge karang Salvator Dali dan Goa Jin. Yups, sponge karang Salvador Dali diambil dari nama pelukis surealis asal Spanyol. Nama tersebut disematkan karena bentuk sponge karang diklaim mirip seperti lukisan Salvador Dali.

Tak heran kalau para penyelam sangat senang jika bisa mendokumentasikan langsung sponge karang yang mirip isi otak manusia ini. Spot menyelam ini bisa dijangkau dari Taman Laut Olele, yang jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo.

Masih banyak lagi lho destinasi wisata di Gorontalo, OTOMOTIF Traveling berkesempatan menyambangi provinsi yang resmi pisah dari Provinsi Sulawesi Utara ini bersama rekan dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM). 

Meyelam Di Goa Jin    

Di taman laut Olele, ada spot menyelam bernama Goa Jin yang misterius dan bikin penasaran. Aseli, spot menyelam ini juga jadi incaran para penyelam dari luar dan dalam negeri.

Masuk ke liang Goa Jin sangat lebar, dilanjut diving menyusuri liang yang ditandai dua tiang karang. Makin dalam maka semakin gelap, disinilah letak sponge karang Salvador Dali serta black coral bush dan aneka sponge lainnya.

Menurut guide lokal, Goa Jin tergolong ramah buat para divers pemula.

Snorkeling Ataupun Naik Perahu Kaca

Buat sobat yang belum berani diving, bisa jajal snorkeling di seputar Taman Laut Olele ataupun cukup diatas perahu kaca saja. Di sepanjang lepas pantai Olele memang menyuguhkan terumbu karang yang indah, dengan kedalaman maksimal 5 meter.

Sehingga keindahannya bisa diintip melalui snorkeling maupun perahu kaca yang disewakan oleh masyarakat sekitar. Oiya, sewa alat snorkeling beserta perahu kaca cukup merogoh Rp 50 ribuan, dijamin puas deh.

Mampir Ke Danau Limboto Dan Benteng Otahana

Mendarat di Bandara Jalaluddin, sebelum menuju pusat kota Gorontalo bisa mampir ke Danau Limboto. Danau seluas 3.000 hektar ini punya pemadangan cukup eksotis apalagi jika sehabis hujan, maka semburat pelangi menghias langit terlihat jelas.

Jangan lupa juga mampir ke Benteng Otanaha yang masih satu komplek dengan Danau Limboto. Benteng yang dibangun oleh Portugis pada abad ke 15 ini terdiri dari 3 benteng, yakni Benteng Otanaha, Benteng Otahiya dan Benteng Ulupaha.

Dari ketiga Benteng ini pemandangan kota Gorontalo dan Danau Limboto sangat eksotis untuk diabadikan. (Harryt/Otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top