Naik Gunung Bersama All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar

  • Jumat, 23 Desember 2016 08:30 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 | F. Yosi

OTOMOTIF Traveling (OT) kali ini melakukan perjalanan menuju Gunung Semeru, Lumajang, Jatim. Tempat Danau Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.400 mdpl. Untuk menuju ke sana, tim OT harus berangkat dari pos awal yang berada di Ranu Pane di ketinggian 2.100 mdpl. Lalu berjalan kaki sekitar 5 jam sejauh 11 km menuju Ranu Kumbolo. 

Nah, biasanya untuk menuju ke Ranu Pane, para pendaki menyewa mobil tangguh berpenggerak 4x4 sebagai sarana transportasi dari Tumpang, Malang. Alasannya karena kondisi jalan yang curam, sempit dan di beberapa bagian rusak. 

Kali ini OT ditemani Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar 4x2 untuk ‘mendaki’ menuju Ranu Pane. Sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) kemampuan Mitsubsihi Pajero Sport tidak perlu diragukan lagi. Mau digunakan buat on road maupun off road tidak masalah.

Makin yakin karena Mitsubishi Pajero Sport mengusung mesin diesel baru 4N15 berkapasitas 2.442 cc dilengkapi teknologi MIVEC, turbocharger, intercooler (Euro2). Mampu menghasilkan tenaga hingga 181 dk di 3.500 rpm dengan torsi maksimum 430 Nm di 2.500 rpm.

Tenaga tidak pernah habis saat mobil diajak menelusuri jalan menanjak di kawasan Tengger, Bromo dan Semeru. Cukup injak pedal gas, tenaga langsung tersalur ke ban. Bahkan di rute yang lebih menantang mobil ini cukup mudah dikendalikan dengan bantingan stir ringan, serta suspensi yang lebih empuk.

Mesin Pajero
Mesin Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 sangat bertenaga

Sempat beberapa kali menemui jalan rusak dan berbatu. Tetap nyaman dilibas dan enggak takut mentok karena ground clearance yang tinggi 218 mm. Goncangan pun tidak terasa karena suspensi yang empuk. Bahkan beberapa kali sengaja di gas untuk mengejar waktu tidak masalah. Diajak bermanuver di jalan sempit berliku pun suspensi tetap terasa mantab.

Sedangkan untuk bagian kabin pengemudi dan penumpang juga luas, posisi duduk yang nyaman, serta ruang kaki yang lega. Dan yang menjadi nilai lebih Mitsubishi Pajero sport ini berkapasitas 7 penumpang, bawaan banyak bisa dimasukan di bagian belakang dengan melipat joknya.

Fiturnya pun sangat lengkap, seperti AC sudah dual zone automatic dan setir dilengkapi tombol control audio steering switch dan paddle shift untuk yang gemar bermain-main dengan transmisi otomatis 8 percepatan barunya. Lalu ada sunroof di plafon, yang bikin kabin Mitsubishi Pajero Sport lebih mewah.

dasbord pajero
Konsol tengah All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 mewah

Untuk sistem keamanan, sudah ada HSA (Hill Start Assist), tak perlu lagi khawatir setiap saat menginjak pedal rem ketika ketemu tanjakan curam mencegah kendaraan mundur ke belakang saat melepas rem. Tidak ada lagi tuas rem parkir, kini berganti kenop elektris. Fungsi ini bekerja sama dengan fitur safety HSA (Hill Start Assist), rem dengan ABS (Antilock Brake System) dan BA (Brake Assist), juga ASTC (Active Stability & Traction Control) yang efektif menjaga SUV berbobot 1.935 kg ini tetap di lajurnya di segala kondisi jalan.

Semakin lengkap dengan tampilan yang gagah dan elegan dengan bodi besar. Membuat mobil ini sangat bisa diandalkan untuk digunakan di dalam maupun di luar kota. Mitsubishi Pajero Sport terlihat lebih mewah, bergaya, serta futuristik dengan balutan krom pada grill, penggunaan lampu depan yang sudah terintegrasi Daytime Running Light (DLR) LED. Nyaman buat di segala medan! •

Reporter : advetorials
Editor : toncil

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×