Jalan Tol Fungsional Batang Hingga Gringsing Siap Digunakan Pada Arus Mudik Lebaran

  • Senin, 19 Juni 2017 15:36 WIB

Jalan tol Semarang - Solo | F Yosi

Jakarta - Jalan tol Semarang-Batang membuka ruas Batang hingga Gringsing sebagai jalur fungsional sementara mulai H-7 Lebaran. Tol Semarang-Batang  yang dibangun oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), dibagi menjadi 5 seksi, mulai dari Kandeman hingga Ngalian. 

Seksi 1 memiliki panjang 3.2 Km atau tepatnya mulai dari Kandeman hingga Simpang Susun (SS) Tulis. 

Seksi 2 hingga perbatasan Kabupaten Batang dan Kendal, sepanjang 36.1 Km. 

Seksi 3 dibangun sepanjang 11 Km yakni hingga menyentuh SS Kendal. 

Sedangkan Seksi 4 dibangun sepanjang 13,8 Km hingga SS Kaliwungu dan Seksi 5 sepanjang 10,1 Km hingga Ngalian. Kelimanya diproyeksikan akan mulai beroperasi pada kuartal keempat  2018 mendatang.

Saut Simatupang, Direktur Utama PT JSB menjelaskan dari 5 seksi yang dibangun PT JSB, 2 seksi diantaranya yaitu seksi 1 dan seksi 2 dapat digunakan untuk jalur tol fungsional sementara mulai Batang hingga Gringsing yang langsung dialihkan ke jalur Pantura.

undefined
Lokasi Exit Sementara Ruas Batang

"Kita membuat jalur fungsional sementara ini sesuai progres pengadaan tanah. Jalur fungsional sementara yang sudah disiapkan saat ini mulai dari Batang hingga Gringsing. Pertemuan antara jalur fungsional dan Pantura yang mana pemudik bisa keluar di Gringsing kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantura," ujar Saut.

Dirinya juga menjelaskan, pada jalur fungsional sementara ini akan tersedia dua rest area yang juga bersifat fungsional. Yakni pada Km 381+400, Km 391+100, Km 402+700 dan Km 409+400. 

Rest area tersebut menyediakan fasilitas seperti toilet, mushola, dan penjualan bbm dalam kemasan, serta bantuan kesehatan. (Otomotifnet.com)

Reporter : Harryt MR
Editor : toncil

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×