Sabtu,18 Maret 2017 11:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Direktur Hino Santiko Wardoyo, Ungkap Perbedaan Antara Konsumen Passenger Car Dan Truk

Foto: Jlm/otomotifnet

Santiko Wardoyo Ungkap Perbedaan Jauh Passenger Car Dan Truk

Jakarta - Siapa yang tak kenal Santiko Wardoyo? Pria yang kini menjabat Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (PT HMSI) yang berkutat di penjualan truk Dutro, Ranger, Bus dan kelas heavy duty truck bukanlah orang ‘kemarin sore’ di industri otomotif nasional.

Sosok Santiko Wardono sebelumnya pernah berkutat mengurusi merek Renault dan Nissan di rentang awal 2000-an hingga akhirnya berada di Hino sejak 2013 silam.

"Waktu itu menjual mobil passenger saat masih di Nissan dengan produk yang sedang boom saat itu Grand Livina dan X-Trail. Calon konsumen bisa melihat produknya di jalan dan juga di pameran di pusat penjualan dan keramaian. Selain itu calon konsumen yang mendatangi kami dan langsung bertransaksi," urai Santiko Wardoyo.

Sementara di penjualan truk, benar-benar dituntut mengetahui dan mengenal benar karakter calon pembeli.

"Mereka lebih mementingkan bukti ketimbang ucapan. Seperti produk yang bagus dan layanan purna jual serta ketersedian suku cadang yang diperlukan. Pasalnya, segmen truk ini kan digunakan untuk usaha dan bekerja bisa sampai 24 jam. Buntutnya, produk umur pakainya lebih cepat sehingga memerlukan layanan purna jual yang bisa diandalkan," imbuh pria berkacamata.

Pun begitu diakui konsumen passenger dan truk itu tingkat kepercayaan pada produk, brand loyalty-nya amat tinggi.

"Bila mereka sudah memilih Hino maka konsumen tetap memilih produk Hino. Memang tantangan terbesarnya adalah memberikan servis atau layanan yang terbaik buat konsumen," pungkasnya.  JLM/otomotifnet.com

EDITOR

toncil

Top