Sabtu,18 Maret 2017 10:45 WIB

Penulis: otomotifnet

Senang Fog Lamp Gaya Rally Style? Jangan Lupa Perhatikan Soketnya

  • Foto: dab/otomotifnet

    Gbr. 1

  • Foto: dab/otomotifnet

    Gbr. 2

  • Foto: dab/otomotifnet

    Gbr. 3

  • Foto: dab/otomotifnet

    Gbr. 4

Jakarta - Punya mobil dengan gaya rally style, umumnya pakai aksesori fog lamp di bumper depan, bahkan beberapa juga pasang di belakang. Bagi yang ingin memasang fog lamp tambahan ini, ada kiat khusus yang disampaikan oleh Toto, pemilik bengkel R Speed (gbr.1).
 
Salah satunya adalah fokus pada soket dan ukuran kabel yang akan digunakan. Kabel yang digunakan biasanya tipe NYAF ukuran 1,5 mm (gbr.2). “Kalau panjang kabel itu paling pas 2 meter. Ini paling pas supaya tidak ada kabel yang menjuntai dan tidak kepanjangan,” kata Toto.

Pun saat ganti kabelnya, sebaiknya cari kabel sambungan yang setipe dengan soket dari merek fog lamp pilihan. Misal untuk merek IPF, maka kabel tambahan bisa didapat dengan harga sekitar Rp 780 ribu sepaket.

“Maklum, harga lampu bawaan aslinya saja mencapai Rp 3 juta (gbr.3),” sambung pebengkel yang bermarkas di dareah Cipinang, Jaktim ini. Plus, untuk menyalakan lampunya sebaiknya pakai relay. Sebab daya energi yang dikeluarkan lebih besar, dibandingkan menggunakan sakelar biasa.  

Mengenai perawatan, sebenarnya juga mudah. “Ditutup saja kalau sedang tidak dipakai, yang perlu dicek itu kabel dan soketnya,” kata Toto. “Paling kalau habis hujan, soket sebaiknya disemprot cairan antikarat (gbr.4). Soalnya kalau soket sampai berkarat, akan sangat mengganggu aliran listrik,” pungkas pria bertindik tersebut.
 
Untuk pilhan fog lamp, Toto menyarankan agar memilih yang bermerek Cibie atau Hella. Sebab kedua merek tersebut cukup terjangkau yaitu Rp 1,5 juta untuk sepasang lampu. Tapi jika untuk kompetisi, merek IPF dengan tipe 985RD bisa menjadi pilihan karena lebih terang dengan lampu bolam 65 Watt. * DAB/otomotifnet.com

EDITOR

rio

Top