Instrument Cluster Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Kurang Terang? Nih Cara Aturnya

  • Kamis, 16 Februari 2017 12:30 WIB

Tingkat kecerahan instrument cluster Suzuki Ertiga Diesel Hybrid bisa dinaik-turunkan, persis Ertiga lainnya | Fransiscus Rosano

Jakarta - Merasa instrument cluster (gabungan takometer & spidometer) di Suzuki Ertiga Diesel Hybrid kurang terang di malam hari? Tenang, ada cara mengaturnya kok.

Berbeda dengan Suzuki Ertiga yang dijual di Indonesia yang memiliki backlight berwarna oranye untuk instrument cluster-nya, backlight Ertiga Diesel Hybrid berwarna biru dan putih, sehingga mungkin ada yang merasa warnanya kurang cerah di malam hari atau ketika lampunya dinyalakan.

Di instrument cluster itu sendiri, ada dua tombol, yang satu di ujung kanan takometer bertuliskan ’TRIP’ dan satu lagi di ujung kiri spidometer bergambarkan pengaturan lampu. Hanya saja, memutar tombol yang biasa digunakan untuk menerang-gelapkan lampu instrument cluster ini tidak terjadi apa-apa.

Caranya, perlu menyalakan lampu low beam terlebih dahulu, seperti memutar tuas lampu yang terlihat pada gambar di bawah ini. Dengan dinyalakannya lampu besar, maka backlight pada instrument cluster akan menyala.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Putar tuas lampu terlebih dahulu untuk menyalakan low beam dan backlight instrument cluster

Selanjutnya, barulah tombol di ujung kiri spidometer tersebut berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan instrument cluster. Tips dari kami, jangan takut-takut memutar tombol kecil tersebut karena memang terasa agak keras. Putar ke kiri untuk membuatnya lebih gelap dan ke kanan untuk lebih terang.

MID (Multi Information Display) akan menunjukkan level keterangan dari instrument cluster tersebut, dengan level minimalnya satu kotak dan maksimalnya enam kotak.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Putar tombol kecil ini setelah menyalakan lampu, baru bisa mengubah tingkat kecerahan instrument cluster

Mudah kan?

Sebenarnya hal ini bukanlah teknik baru. Namun mengingat trik untuk mematikan dan menyalakan bunyi dari remote Ertiga lainnya yang ternyata tidak bekerja di Ertiga Diesel Hybrid, kami ingin memastikan apakah trik-trik lainnya, seperti mengatur brightness instrument cluster masih berfungsi.

 

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : rio

Tags :

#Suzuki

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×