Ini Cara Aman Dan Tetap Sopan Pasang Winch di Bumper Standar

  • Sabtu, 18 Maret 2017 11:15 WIB

Tips Pasang Winch di Bumper Standar Aman Tetap Sopan | dede D2 motor

Jakarta - Winch adalah salah satu alat recovery penting di jip off-road, khususnya penggemar adventure. Namun pasang winch di moncong kendaraan punya beberapa hal yang harus dikorbankan, salah satunya tampilan. Sebab, umumnya pasang winch mesti dbarengi ganti bumper aftermarket.
 
“Rupanya, tidak sedikit pemilik jip 4x4 yang enggan mengubah tampang tunggangannya, terlebih mengganti bumper bawaan pabrik dengan bullbar aftermarket ataupun custom,” ucap Heru Lukito, pengguna Sportage 4x4 yang mengaplikasikan winch pada bumper standar.
 
“Ada juga pemilik yang tidak mau pusing dengan meracik ulang suspensi depan, karena penambahan bobot. Pasang winch saja sudah tambah berat, apalagi ditambah bullbar,” jelas Yusuf Ramadhan yang baru saja rampung memasang winch Warn XD9000 di balik bumper standar Toyota Hilux keluaran 2015.

Berikut adalah cara buat yang ingin tampil tangguh tapi tetap sopan ala kendaraan standar. Pasang winch di bumper standar, tanpa harus ganti bullbar, menambah beban berlebih atau mengubah suspensi. Yuk, disimak… * Bimo, Rindra/otomotifnet.com

Manfaatkan Ruang

Hal pertama harus diperhatikan adalah ketersediaan ruang di balik bumper bawaan dan pemilihan winch yang tidak menyita ruang dan mengganggu kerja perangkat lainnya.

“Winch ‘tidur’ seperti Warn M8000 atau Warn XP 9.5 adalah jenis yang paling mungkin dipasang, karena tidak terlalu banyak makan tempat,” jelas Yusuf Ramadhan atau biasa disapa Dede.

Syarat lain supaya winch dapat bertengger di balik bumper standar. “Pikirkan posisinya, karena harus punya akses keluar tali sling dan akses untuk merogoh tuas kopling winch.

Juga letak menempelkan posisi roller atau fairled winch pada bumper,” jelas pemilik bengkel D2 Motorsport ini.  “Yang terpenting, winch harus ditanam pada dudukan yang terhubung dengan sasis. Jika dimensi sasis kurang, bisa menambahkan braket,” ucap pria ramah ini.

Sarannya, dudukan winch ini harus menggunakan material besi pelat, setidaknya setebal 5 mm. Ada yang tertarik mencoba?

Nyeleneh Bikin Sangar

Terkadang, pemilik kendaraan pun ada yang ingin tampil nyeleneh. Seperti yang dilakukan oleh Ludwi Fitrianto di Mitsubishi Pajero Sport-nya. Winch Warn 8274 berhasil dijejalkan di atas bumper depan, tanpa menggunakan bullbar.

“Winch ini banyak memakan tempat, apalagi kalau harus dijejalkan di bumper standar,” ucap Dede. Harus sedikit berkorban, karena akan merobek bumper dan gril. “Kalau sayang dengan bumper Pajero yang masih mulus, bisa ganti dengan bumper copotan yang kondisinya sudah jelek.
 
Memang harus sedikit sabar cari bumper copotan mobil baru seperti ini,” ucap Ludwi. “Semuanya demi tampilan berkesan sangar, tapi tetap sopan,” tambah pria berkacamata minus ini.

D2 Motor: 0813-1771 0052

 

Reporter : otomotifnet
Editor : rio

Tags :

#tips

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×