Atasi Rack Steer Toyota Corolla Altis Bunyi, Cukup Setel Damper

  • Selasa, 9 Mei 2017 08:45 WIB

Atasi Rack Steer Toyota Corolla Altis Bunyi Cukup Setel Damper. | Tom/otomotifnet

Jakarta - Bagi para pengguna Toyota Corolla Altis produksi tahun 2008 sampai 2013. Banyak dijumpai keluhan berupa bunyi halus di sektor kaki-kaki bagian depan. Suara halus tersebut mengganggu karena suara bisa terdengar sampai ke kabin.
 
Ternyata, biasanya keluhan tersebut diakibatkan oleh steel damper yang bergeser dan mengalami keausan. “Solusinya harus bongkar pasang rack steer dan menyetel ulang posisi steel damper-nya,” ujar Radityo, Humas dari Altis Indonesia Community (Altic).

Untungnya, untuk mengetahui apakah steel damper bergeser atau tidak, bisa melakukan pengecekan mandiri di rumah. Caranya, dengan menggantung roda depan kanan dan kiri, kemudian menggoyangkan ke arah kanan, kiri, atas dan bawah. 

Apabila tidak ada goyangan yang signifikan pada roda, tetapi masih terdapat bunyi, bisa dipastikan rack steer mengalami masalah. Bagi pengguna Altis yang mempunyai masalah tersebut dan ingin mencari solusinya, Altic menyarankan untuk mengunjungi bengkel Autospeed milik Boy, yang terletak di Jl. Johar Raya No.11 B, Tanah Sareal, Bogor. 

Bengkel tersebut sudah menjadi rekanan komunitas Altis Indonesia Community. Walau bengkel ini bukan hanya khusus member Altic, melainkan bisa untuk umum. Untuk penyetelan rack steer, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 350 ribu dan lama pengerjaan tidak sampai satu hari. Berikut cara pembongkaran dan penyetelan rack steer pada Corolla Altis. 

1.    Pertama, dongkrak bagian depan kanan dan kiri, kemudian copot bannya 
2.    Buka tie rod bagian kanan dan kiri menggunakan kunci ring 14 mm
3.    Buka juga link stabilizer bagian kanan dan kiri menggunakan kunci ring 12 mm 
4.    Engine mounting bagian belakang juga ikut dibongkar. Karena letaknya yang cukup dalam, gunakan kunci sok yang dapat disambung agar menjangkau bagian engine mounting, ukuran kunci yang digunakan 14 mm dan 17 mm 
5.    Setelah menjangkau rack steer-nya, perhatikan kekencangan bautnya. Jika terlalu longgar, kencangkan dengan menggunakan kunci 14 mm dengan menggerakkan ke kanan dan ke kiri 
6.    Namun jika saat digerakkan ke kiri dan kanan terdengar bunyi klek, maka bagian damper-nya sudah aus, disarankan untuk menggantinya 
7.    Setelah selesai, pasang kembali komponen kaki-kaki dengan proses sebaliknya  

Selain itu, khusus rack steer yang sudah menggunakan sistem power steering dengan motor elektris (EPS), jika pergerakan gigi sudah aus akan mengakibatkan pembacaan sensor gerak menjadi ngawur. 

Jika didiamkan, lama kelamaan akan merembet ke peranti lain seperti sensor EPS-nya. Indikasi awal biasanya setir jadi ‘loss’ atau dapat berputar, tetapi berat karena tidak mampu meng-assist pergerakan setir.

Pria asli Yogyakarta ini membanderol jasa rekondisi segelondong sistem kemudi sebesar Rp 1,5 juta. Harga yang dipatok sudah termasuk biaya bongkar pasang dan garansi selama setahun. * Tom /otomotifnet.com

Reporter : Otomotif R4
Editor : Otomotif R4

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×