Apa Itu SIPDE? Kenali Agar Mudik Aman dan Nyaman

  • Kamis, 30 Juni 2016 12:45 WIB

Panduan Mudik 2016 | Rian

Berkendara atau mengemudi adalah kegiatan yang benar-benar harus dilakukan dengan serius dan penuh konsentrasi. Sejak mulai duduk di dalam mobil, menjalankan, hingga berhenti dan keluar dari kendaraan. 

Mengemudi adalah 100% full time job. Tujuannya tentu untuk menjaga keselamatan selama di jalan raya.

Karenanya perlu diketahui adanya prosedur selama berkendara agar setiap pengemudi bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar, seperti penjelasan dari Indonesia SmartDrive Vehicle Management Consulting.

Ada dua prosedur yang biasa diterapkan dalam menjaga keselamatan pribadi di jalan raya. Yaitu SIPDE System, merupakan prosedur keselamatan yang berhubungan dengan prilaku seseorang saat di jalan. 

SIPDE merupakan kependekan dari Search, Identify, Predict, Decide dan Execution.

Berikut uraian lengkap dari SIPDE:

1. Search

Panduan Mudik 2016
Panduan Mudik 2016

Lebih lengkapnya search, sweep dan scan. Maksudnya pengendara mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai kondisi yang ada di sekitar kendaraannya. 

Mulai dari depan, samping hingga belakang. Tentu dengan menggunakan indra penglihatan. Tujuannya agar pengemudi mengetahui tingkat risiko yang akan dihadapi.

Usahakan mata selalu bergerak mengawasi kondisi di sekitar. Lakukan pandangan sejauh mungkin ke depan. Trik ini sekaligus untuk mengantisipasi apa yang akan ada di samping mobil. 

Reporter : Advetorial
Editor : Bagja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×