Test Drive Astra Toyota Calya G

  • Minggu, 1 Januari 2017 09:27 WIB

Test Drive Astrav Toyota Calya G | Rian/otomotifnet

Ketika sebuah 7-seater sungguhan ditawarkan dengan harga sangat terjangkau dan memiliki fitur komplet, apa yang dikorbankan? Overhang

Jakarta - Hingga kini, OTOMOTIF pun masih bertanya-tanya soal hal di atas. Mengetes Calya bertransmisi otomatis dan manual untuk jarak total lebih dari 600 km. Setiap kekurangan yang kami temukan selalu mengingatkan kami pada banderol harganya yang sangat affordable, dan sadar pesaing di kelasnya pun memiliki flaw yang serupa atau justru lebih banyak.

Bahkan dibanding kakaknya yang selalu mencetak rekor penjualan setiap tahunnya, Calya memiliki kelebihan seperti struktur full monokok untuk pengendalian lebih baik dan penggerak roda depan untuk semakin mengutamakan efisiensi.

Lalu, apakah ini akan menjadi MPV ideal yang baru saja ingin memulai keluarga? Cek hasil lengkap test drive OTOMOTIF. • Tim Otomotif

Fitur

Mengkoneksikan Bluetooth HU dengan 2 smartphone sekaligus jadi satu-satunya di kelas ini. Belum lagi wiper belakang yang otomatis menyala, ketika memasukkan tuas transmisi ke R saat wiper depan dalam keadaan aktif.

Sayang, bunyi kipas rear air circulator cukup mendominasi di kabin. Belum lagi kemampuannya untuk membawa hawa dingin dari depan ke belakang terasa kurang berhasil di siang hari.

Sementara dual airbags, sabuk pengaman 3 titik di semua jok, dudukan ISOFIX hingga ABS, membuat Calya jadi salah satu mobil terjangkau yang memiliki semua perlengkapan keselamatan yang dibutuhkan.

Performa& Konsumsi

Bisa dikatakan, respons mesin 3NR-VE tergolong biasa. Baik varian A/T maupun M/T, tarikan pada putaran mesin rendahnya termasuk halus. Di atas 3.000 rpm, baru terasa tenaga 87 dk-nya tersalurkan maksimal.

Soal perpindahan transmisi otomatisnya terasa sama seperti 4-speed A/T Toyota lainnya, upshift cenderung kasar dan lambat, sedangkan kickdown akan membuat mesin berteriak.

Tuas transmisi manualnya terasa cukup keras ketika dioperasikan, pun bagi yang belum terbiasa akan cukup kagok mengoperasikan gigi 3 dan 4-nya yang terlalu miring ke kiri.

Performa tercatatnya pun bisa dikatakan tidak spesial. Calya A/T dapat menempuh 100 km/jam dalam 15,2 detik, sedang versi M/T lebih cepat 2,8 detik.

Merangkumnya dengan mudah, varian A/T menghasilkan angka lebih rendah, bila lebih banyak memanfaatkan kecepatan tinggi seperti konsumsi luar kota dan konstan 100 km/jam, berkat putaran mesin lebih rendah pada gigi overdrive-nya.

Sedangkan seperti kodratnya selalu, M/T lebih irit untuk urusan dalam kota dan putaran 3.400 rpm di kecepatan 100 km/jam, membuat suara mesin yang menembus ke dalam lebih terdengar.

Kenyamanan & Handling

Jujur, ekspektasi kami tidak besar mengingat Calya bahkan lebih pendek dibanding All New Yaris, namun mampu mengangkut 2 penumpang ekstra. Simply said, bantingannya tidak terasa spesial. Namun normal mengingat banderolnya.

Bisa dikatakan Calya lebih empuk dibanding Avanza dan Agya, bahkan ketika diisi satu penumpang saja.

Di luar itu, tingkat kebisingan minim dari ban Bridgestone Ecopia yang digunakan perlu diapresiasi. Sedangkan kelebihan utamanya adalah struktur full monokoknya. Selain posisi duduk yang tidak berlebih tinggi, melaju pada kecepatan 100 km/jam atau bahkan lebih, tidak terasa mengambang.

Kehadiran body roll masih natural karena bagaimanapun, ini adalah sebuah MPV. Namun Toyota-Daihatsu sangat mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia untuk bisa bermanuver dengan mudah di jalanan sempit.

Selain EPS yang membuat setir ringan, radius putar 4,5 m berarti kemampuan memutar baliknya terbaik di antara MPV lain.

Testimoni Samuel Chrisna Andreanto, 24 Tahun, Pemilik Toyota Agya TRD S A/T 2016

Posisi duduknya terasa lebih rendah dibanding Agya, tapi masih cukup tinggi sehingga terasa MPV-nya. Joknya tebal dan saya suka head unit ini sudah langsung ada Bluetoothnya. Kenyamanan terasa 11-12 di kecepatan rendah, di kecepatan sedang baru terasa ketika melewati speed bump

Data Spesifikasi

                                                              Calya G A/T                                                                                                                   Calya G M/T
Mesin                                                      3NR-VE, 4-silinder segaris, 16 klep, DOHC dengan Dual VVT-I
Kapasitas                                                1.197 cc
Rasio Kompresi                                       11,5 : 1
Layout Mesin                                           Mesin Depan Penggerak Depan
Tenaga Maksimum                                   87 dk @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum:                                     108 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi                                                Otomatis 4-percepatan                                                                                                      Manual 5-percepatan
Dimensi (p x l x t)                                    4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 mm
Wheelbase                                             2.525 mm
Radius Putar                                           4,5 m
Ground Clearance                                   180 mm
Sistem kemudi                                        EPS (Electronic Power Steering)
Suspensi Depan                                      MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer
Suspensi Belakang                                  Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring dan Stabilizer
Rem Depan/ Belakang                             Cakram Ventilasi/Teromol dengan ABS
Ban                                                        Bridgestone Ecopia 175/65R14
Kapasitas Tangki                                     36 liter
Berat Kosong                                          1.000 kg                                                                                                                            975 kg
Harga                                                    Rp 150.000.000                                                                                                                   Rp 138.000.000 juta
(on the road Jabodetabek)

Data Tes:
                                                          Calya G A/T                                                                                                                          Calya G M/T

0 – 60 km/jam                                      6,6 detik                                                                                                                               5,1 detik
0 – 100 km/jam                                   15,2 detik                                                                                                                             12,4 detik
40 – 80 km/jam                                    6,2 detik                                                                                                                                5,6 detik
0 – 201 m                                             13 detik                                                                                                                                 12 detik
0 – 402 m                                          19,9 detik                                                                                                                               18,7 detik

Data Konsumsi:

                                                          Calya G A/T                                                                                                                         Calya G M/T
Dalam Kota                                         13,9 km/liter                                                                                                                          13,9 km/liter
Luar Kota                                            19,2 km/liter                                                                                                                          17,4 km/liter
Konstan 60 km/jam                              25,8 km/liter@ 1.800  rpm 4th                                                                                                 28,4 km/liter @ 2.000 rpm 5th
Konstan 100 km/jam                            20,7 km/liter @ 3.000 rpm 4th                                                                                                 19,2 km/liter @ 3.400 rpm 5th

 

Reporter : otomotifnet
Editor : rio

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×