Jumat,3 Maret 2017 09:28 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Proton Iriz vs Honda Brio RS, Kencang Mana?

Foto: Rizky Apriyandi

Otomotifnet mengadu performa Proton Iriz vs Honda Brio RS, berdasarkan hasil data tes akselerasi menggunakan Racelogic

Jakarta - Jadi city hatchback dengan kapasitas mesin terbesar (sebelum Spark 1.4 L masuk), seperti jadi beban tersendiri untuk Proton Iriz yang baru saja masuk ke Indonesia. Bagaimana tidak, tenaga dan kapasitas terbesar, harus jadi yang tercepat kan?

Setelah Otomotifnet mengetesnya, kami mendapatkan data performa akselerasi. Menggunakan Racelogic Driftbox, kami mengetahui seberapa kencang Proton Iriz dapat melaju dari diam ke 60 km/jam, 0-100 km/jam, 40-80 km/jam untuk kecepatan overtake, hingga standar drag race 0-201 m dan 0-402 m.

Ini yang anda tahu.

First Drive  Proton Iriz 1.3L CVT dan M/T Buat Yang Ingin Upgrade Dari LCGC
Mesin Proton Iriz tergolong besar di kelasnya, begitu pula output tenaga dan torsinya

Proton Iriz menggunakan mesin 4-silinder segaris 1.332 cc dengan VVT (Variable Valve Timing), menghasilkan tenaga 94 dk di 5.750 rpm dan torsi 120 Nm di 4.000 rpm. Seperti pada artikel yang kami bahas sebelumnya, angka tersebut merupakan yang terbesar di kelasnya (lagi, sebelum Spark 1.4 L masuk).

Bagaimana bila diadu dengan salah satu ‘raja’ city hatchback, Honda Brio?

Memang tak lagi memiliki tenaga terbesar karena Brio 1.3 L sudah tidak dijual di Indonesia, namun mesin Brio L12 berkapasitas 1.198 cc dengan output 89 dk di 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.800 rpm tentu tidak dapat diremehkan. Seperti Iriz juga, Brio RS menggunakan transmisi Continously Variable Transmission (CVT).

New Honda Brio RS CVT
Mesin 1.2 L Honda Brio RS terkuat di kelas kapasitas 1.2 L

Jadi, lebih cepat mana, Proton Iriz 1.3 L CVT atau Honda Brio RS CVT?

Berikut data hasil tes Otomotifnet

Parameter Honda Brio RS CVT Proton Iriz 1.3 L CVT
0-60 km/jam 5,9 detik 5,7 detik
0-100 km/jam 12,8 detik 12,8 detik
40-80 km/jam 5,1 detik 5,5 detik
0-201 m 12,4 detik 12,2 detik
0-402 m 18,9 detik 18,8 detik

Wih, hasilnya neck to neck banget!

Terlihat jelas, Proton Iriz berhasil berakselerasi lebih cepat di awal, sehingga waktu dari diam untuk mencapai 60 km/jam dan 201 meter lebih cepat dibanding Brio RS.

Meski begitu, Honda berhasil mengunggulinya di 40-80 km/jam dan sama di 0-100 km/jam, perkiraan kami karena i-VTEC yang sedang bekerja di range putaran mesin tersebut.

Namun sekali lagi, Proton Iriz kembali unggul 0,1 detik saja di tes drag race 0-402 m.

Unggul 3 dari 5 parameter, kali ini harus kami nyatakan Proton Iriz lah yang tercepat di kelas city hatchback bertransmisi otomatis ini.

Tunggu rematch-nya saat kami mencoba kontender baru yang memiliki kapasitas mesin terbesar selanjutnya, All New Chevrolet Spark 1.4!

EDITOR

rio

Top