Meski Tenaga Lebih Kecil, Mesin Baru Toyota Yaris Heykers Lebih Kencang

  • Jumat, 20 Januari 2017 19:20 WIB

Waktu akselerasi 0-100 km/jam New Toyota Yaris Heykers lebih cepat 1,9 detik dibanding All New Yaris lawas dengan mesin 1NZ-FE | Rizky Apriyandi

Jakarta - Diluncurkan November 2016 silam, Otomotifnet tahu kami bukan satu-satunya yang ‘greget’ ketika melihat tenaga New Toyota Yaris turun 3,5 dk dibanding versi sebelum facelift-nya.

Hal tersebut karena New Toyota Yaris menggunakan mesin yang sama dengan apa yang ada di bawah kap Toyota Sienta, yaitu dengan kode 2NR-FE. Mesin Yaris facelift tersebut memiliki tenaga total 105,5 dk dan torsi 140,2 Nm.

Bila dibandingkan dengan All New Toyota Yaris yang meluncur pada tahun 2014, angka di atas turun. Tepatnya, mesin lama 1NZ-FE memiliki tenaga lebih besar 3,5 dk dan torsi lebih banyak 0,8 Nm.

Namun tidak boleh dilupakan, All New Toyota Yaris (sebelum facelift) menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan, sedangkan versi facelift New Toyota Yaris, termasuk Heykers yang Otomotifnet coba, dipasangkan ke transmisi CVT.

Toyota Yaris Heykers 2NR-FE
Mesin 2NR-FE dengan Dual VVT-i, melihat spesifikasi saja sebenarnya memiliki tenaga dan torsi yang sedikit lebih kecil dibanding mesin lama 1NZ-FE

Makin membuat panik lagi, lantaran jenis transmisi tanpa rasio itu (continously variable transmission) kerap membuat laju kendaraan menjadi kurang responsif dan lambat.

Langsung saja, kami mencoba mengukur performa New Toyota Yaris Heykers dengan Racelogic untuk mengetahui bagaimana efek mesin dan transmisi baru tersebut bila dibandingkan versi lamanya.

Kejutan, ternyata waktu yang ditorehkan New Toyota Yaris Heykers CVT bermesin baru 2NR-FE lebih kencang dibandingkan All New Yaris A/T tahun 2014 yang menggunakan mesin lawas 1NZ-FE!

Membandingkan benchmark performa, yaitu waktu akselerasi dari 0-100 km/jam, New Yaris Heykers berhasil mencatatkan 11,4 detik. Waktu ini lebih cepat 1,9 detik dibanding All New Yaris TRD Sportivo A/T yang kami uji 2 tahun lalu.

Toyota Yaris Heykers
Meski mengalami kenaikan ground clearance 35 mm, posisi duduk pengemudi tidak terasa jauh bertambah tinggi, tetap enak pede ketika berakselerasi

Bahkan, setiap angka akselerasi yang dapat kami bandingkan menorehkan waktu yang lebih baik. Hal ini membuktikan performa mesin 2NR-FE pada New Yaris lebih kencang dibandingkan 1NZ-FE meski tenaganya lebih kecil.

Sayangnya, bahkan dengan mesin baru 2NR-FE pun, New Toyota Yaris Heykers belum dapat menjegal performa class-leader Mazda2 Skyactiv, atau rival abadinya, All New Honda Jazz (Gk5).

Berikut data tes performa lengkap Otomotifnet:

Performa New Toyota Yaris Heykers CVT (2016) All New Toyota Yaris TRD Sportivo A/T (2014)
0 - 60 km/jam 5,5 detik -
0 - 100 km/jam 11,4 detik 13,3 detik
40 - 80 km/jam 4,5 detik 5,7 detik
0 - 201 m 12 detik -
0 - 402 m 18,2 detik 19,3 detik

 

Reporter : F. Rosano
Editor : Fransiscus Rosano

Tags :

#Toyota #yaris

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×