Minggu,19 Maret 2017 08:35 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Apa Fungsi Tombol Sport di New Toyota Corolla Altis?

Foto: Fransiscus Rosano

Sport mode akan membuat respon throttle dan transmisi jadi semakin agresif, namun yang paling terasa adalah simulasi perpindahan upshift yang dibuat 'agak kasar'.

Jakarta - Salah satu gimmick yang diberikan penyegaran dari New Toyotan Corolla Altis adalah tombol Sport yang diletakkan di belakang tuas transmisi.

Meski greget melihatnya karena font yang digunakan tidak sesuai dengan font pada tombol-tombol lain di sekujur interior, namun fungsi tombol Sport tersebut membuat Otomotifnet penasaran.

Setelah menjajal New Toyota Corolla Altis 1.8 V CVT untuk beberapa hari, ternyata ini fungsinya.

Tidak, itu tidak akan membuat New Toyota Corolla Altis anda secara ajaib menjadi lebih kencang. Yang diubah, adalah karakternya.

Seperti mode Sport lainnya, karakter yang diubah ketika tombol ini ditekan adalah respon throttle dan transmisi. Namun karena respon gas pada New Toyota Corolla Altis ini sudah sangat responsif di putaran rendah, maka yang jauh lebih terasa adalah perubahan karakter transmisinya.

Toyota Corolla Altis
Mengaktifkan mode Sport akan langsung memberi tampilan ini di MID

New Toyota Corolla Altis menggunakan transmisi CVT (Continously Variable Transmission), maka sewajarnya tidak terdapat perubahan transmisi seperti upshift atau downshift, kecuali digas hingga jarum takometer mentok di 6.500 rpm dan akan kembali ke 5.000 rpm untuk seakan-akan menirukan karakter upshift di transmisi konvensional.

Namun di mode Normal, proses tersebut terasa sangat halus. Berbeda dengan bila mengaktifkan mode Sport, yang akan membuat rasa upshift dengan sensasi yang agak kasar, mirip dengan upshift agresif di transmisi otomatis konvensional bahkan jika tidak sampai dibuat mentok di 6.500 rpm.

Cool!

Selain itu, tentunya putaran cvt tertahan di rpm yang lebih tinggi juga sudah pasti, dan MID dengan layar LCD TFT juga akan dihiasi warna merah yang bertuliskan 'SPORT', yang menunjukkan mode Sport telah aktif.

EDITOR

rio

Top