Pe-er Audi A4, BMW 320i dan Mercedes 200 Kompressor 2008, Bohlam Jutaan Rupiah Sampai Transmisi 'Nyundul'

  • Rabu, 13 September 2017 11:00 WIB

BMW 320i | Dok OTOMOTIF

JAKARTA - Sebelum meminang salah satu dari tiga sedan compact Eropa, Audi A4, BMW 320i dan Mercedes-Benz C200 Kompressor, pastikan dulu anda sudah mengetahui apa saja pe-er yang diberikan dari ketiga mobil tersebut.

Gak usah berpanjang lebar lagi, ini dia pe-er dari tiga sedan Eropa yang perlu diselesaikan oleh calon pemiliknya.

Audi A4

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meminang Audi A4 B8 yang sudah berumur sembilan tahun adalah lampu, kaki-kaki, serta mesin.

Di usianya yang sudah hampir menginjak satu dekade, Audi A4 sudah rentan terkena masalah pada sektor lampu. Biasanya, masalah yang terjadi di lampunya terletak pada bohlam atau modul LED-nya.

"Kalau sampai bohlamnya kena, biaya untuk menggantinya tidaklah murah. Di bengkel resmi Audi, harga bohlamnya mencapai Rp 2 juta perbuah. Berarti, jika membeli sepasang bohlam Audi A4, maka kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp 4 juta," ucap Eko, kepala bengkel Bengkel Quattro di Cilandak, Jakarta Selatan.

Di sektor kaki-kaki, bagian cakramnya perlu mendapat perhatian lebih. Karena kalau pemilik sebelumnya sering mengemudi dengan cara yang kurang halus, maka cakramnya sudah tidak awet lagi.

undefined
Mesin Audi A4

Terus untuk mesinnya, perhatikan pompa radiatornya. Kalau bermasalah, maka kita harus mengeluarkan uang kurang lebih sebesar Rp 6 juta untuk memperbaikinya di bengkel resmi.

Jika mendapat Audi A4 dengan kondisi mesin yang masih bugar, disarankan untuk mengisinya dengan BBM yang minimal beroktan 95.

Karena menurut pengalaman Eko, kalau Audi A4 diisi dengan BBM yang nilai oktannya kurang dari 95, nantinya mesin akan mengalami knocking (ngelitik). Yang paling parah, mobilnya harus menjalani proses turun mesin.

Reporter : Nugie
Editor : Haryadi Hidayat

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×