Waduh, Honda Mobilio Stop Produksi. Ada Apa?

  • Senin, 6 Maret 2017 13:00 WIB

Bukan di Indonesia, melainkan di India. Honda Mobilio yang di Tanah Air sangat laku ternyata kurang beruntung di negara tersebut | F. Yosi

India - Angka penjualan yang sangat tinggi di Indonesia, ternyata bukan berarti Honda Mobilio akan sukses di setiap belahan dunia lainnya. Di India, contohnya, MPV ini baru saja stop produksi.

Waduh, ada apa?

Dijelaskan oleh Drivespark.com, permintaan untuk MPV semakin berkurang dan membuat Honda Cars India untuk menghentikan produksi Mobilio.

Penjualan Mobilio yang buruk juga ditandai dengan tidak adanya unit yang terjual sama sekali pada bulan Februari 2017 lalu di India. Meski begitu, bukan jadi alasan untuk menghentikan produksinya kan?

Rupanya, memang ada alasan yang lainnya.

“Akan ada regulasi safety baru yang segera datang tahun ini. Mobilio yang sekarang tidak dapat memenuhi regilasi tersebut. Sehingga untuk melanjutkan penjualannya, kami perlu berinvestasi besar atau memodifikasi modelnya,” jelas Yoichiro Ueno, CEO dan President Honda Cars India.

Honda Mobilio India
Honda Mobilio di India tidak memenuhi regulasi safety baru yang segera diluncurkan

Tentunya investasi yang dimaksud akan berarti jika penjualan Mobilio tergolong baik. Karena sedikitnya angka penjualan Mobilio, Honda sedang mempelajari berapa investasi yang dibutuhkan agar Brio versi MPV tersebut dapat memenuhi regulasi baru nanti.
 
Semenjak diluncurkan di India pada tahun 2014 silam, Honda Mobilio hanya berhasil terjual 40.789 unit di India. Wajar, mengingat MPV bukan segmen paling laku di sana dan persaingan dengan dua raksasa lainnya, yaitu Maruti Suzuki Ertiga dan Renault Lodgy sangat ketat.

Dua bulan ke depan, akan jadi penentuan apakah pabrikan India ini akan menghadirkan New Honda Mobilio seperti yang sudah dibawa ke Indonesia terlebih dahulu awal tahun 2017 ini. Hal ini tentunya, tergantung seberapa besar biaya dan investasi yang dibutuhkan.

Indonesia? Tenang, dengan 5.338 unit New Mobilio yang terjual bulan Februari silam dan total 8.703 unit sejak diluncurkan, penjualan low MPV ini termasuk sangat brilian.

Lagipula, New Honda Mobilio yang dijual di Indonesia jadi salah satu pionir fitur keselamatan lengkap di segmennya dengan hal-hal seperti VSA (Vehicle Stability Assist) dan HSA (Hill Start Assist) yang belum dimiliki pesaingnya.

Hmm, semoga model baru yang perdana di Indonesia itu bisa membangkitkan produksi Mobilio di India ya!

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : Otomotif R4

Tags :

#Honda

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×