Jumat,10 Maret 2017 11:05 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Geneva Motor Show 2017

Volvo XC60 Bagai XC90 Mini, Dilengkapi Segudang Fitur Keselamatan Mutakhir

Foto: Volvo

Bagai XC90 mini, Volvo XC60 hadir dengan desain tak lekang waktu dan interior berkualitas tinggi

Geneva - Mewakili 30 persen penjualan Volvo secara global dan terjual hampir 1 juta unit sejak mulai dijual 9 tahun lalu, Volvo XC60 merupakan SUV terlaris pabrikan Swedia ini dan telah siap untuk mendapat pewaris.

Memasuki generasi keduanya, Volvo XC60 yang perdana di Geneva Motor Show 2017 kini dilengkapi dengan segudang fitur keselamatan super-canggih.

Bagi yang sudah familiar dengan XC90 anyar, maka bentuk XC60 pun akan terlihat kurang lebih serupa. Kami suka dengan detail kecil lampu depan ala palu Thor yang garisnya melebihi mika lampu aslinya untuk menunjukkan perbedaan dimensi dengan kakak besarnya tersebut.

Volvo XC60
Volvo XC60 akan bersaing dengan BMW X3 dan Mercedes-Benz GLE
Volvo XC60
Meski berdimensi lebih kecil daripada XC90, lampu memanjang secara horizontal di XC60 tetap memberikan kesan lebar

Sedangkan sama dengan XC90, XC60 baru ini juga menekankan tingginya kualitas interior ala Volvo yang dipakai. Lihat saja jok semi bucket di baris kedua tersebut, susah untuk tidak mengaguminya!

Volvo mengandalkan tiga sistem keselematan canggih baru pada XC60 ini, yang baru kami lihat adalah Steer Assist.

Ketika salah satu fitur safety-nya bekerja, yaitu City Safety otomatis mengerem mobil namun mendeteksi masih belum dapat menghindari kecelakaan hanya dengan rem tersebut saja, maka Steer Assist akan turut serta, memberikan asistensi di setir agar halangan di depan dapat terhindarkan.

City Safety dapat membantu untuk menghindari halangan seperti kendaraan, pejalan kaki hingga hewan berukuran besar. Sedangkan Steer Assist akan aktif pada kecepatan 50-100 km/jam.

Satu lagi adalah Oncoming Lane Mitigation. Ketika pengemudi keluar dari lajurnya dan terdeteksi terdapat kendaraan dari lawan arah, maka setir akan otomatis mengkoreksi untuk mengembalikan mobil kembali ke lajur semula. Bila melengkapinya dengan opsi Blind Spot Information System, fitur di atas pun bisa bekerja ketika mendeteksi kendaraan dari titik blind spot di belakang.

Menggabungkan dari semuanya adalah fitur opsional Pilot Assist, yang dapat mengendalikan setir, gas dan rem mobil secara otomatis hingga kecepatan 130 km/jam.

Volvo XC60
Interior berkualitas tinggi jadi khas Volvo baru, termasuk pada XC60 ini
Volvo XC60
Head unit memanjang secara vertikalnya akan dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto, serta layanan terkoneksi Sensus
Volvo XC60
Bahkan tuas transmisi pun mendapatkan detail kualitas yang luar biasa

Berbagai pilihan mesin tersedia, yang menjadi higlight adalah T8 Twin Engine plug-in hybrid yang menghasilkan tenaga 407 dk dan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,3 detik saja.

Yang lebih terjangkau, terdapat dua mesin diesel yaitu D4 190 dk dan D5 PowerPulse 235 dk, sedangkan yang bensin ada T5 254 dk dan T6 yang menggabungkan turbocharger dan supercharger, menghasilkan 320 dk dan torsi 400 Nm.

Volvo XC60 anyar ini akan mulai diproduksi pada pertengahan bulan April 2017 di pabriknya di Torslanda, Swedia.

Volvo XC60
Jok depan mendapatkan detail kecil berbentuk bendera Swedia
Volvo XC60
Bahkan jok belakang berbentuk semi bucket

EDITOR

rio

Top