Subaru Impreza Untuk Reli Sudah Biasa, Bagaimana Kalau Meluncur Di Salju?

  • Senin, 20 Maret 2017 10:15 WIB

Olahraga bobsleigh yang biasa mengandalkan sebuah papan luncur bobsled untuk meluncur di salju, kini dicoba menggunakan versi reli dari Subaru Impreza, yaitu WRX STI | Autoblog

Swiss - Mungkin bobsleigh, olahraga menuruni trek salju menggunakan sebuah papan yang kemudian disebut bobsled, terdengar cukup asing di Indonesia. Semakin asing lagi, bila olahraga ini dilakukan bukan dengan papan, melainkan sebuah Subaru Impreza.

Tepat hal tersebut yang dilakukan oleh Mark Higgins, pemegang rekor di Isle of Man, ketika mengatakan akan menuruni trek bobsleigh di St. Moritz, Swiss, dengan versi reli Impreza-nya, WRX STI.

Malah seperti dilansir Autoblog.com, Subaru WRX STI yang digunakan untuk bobsleigh ini bukan sembarang mobil, melainkan unit yang dipakai oleh Mark Higgins sendiri untuk memecahkan rekor di Isle of Man pada tahun 2014 dengan waktu 17 menit 35 detik saja.

Tentu sebelum melakukan atraksi ini, WRX STI miliknya mengadopsi beberapa modifikasi oleh Prodrive, perusahaan modifikator dari Inggris yang terkenal merombak Impreza dan menghasilkan juara seperti Colin McRae, Richard Burns dan Petter Solberg.

Subaru WRX STI Bobsled
Untuk dapat grip di trek menurun dan menanjak ekstrem seperti di St. Moritz, butuh ban ekstrem seperti ini

Yang ditambahkan adalah seperti menggunakan rollbar penuh, per dan sokbreker ekstra-keras dan 400 yang menggunakan mur tungsten pada setiap bannya untuk tidak kehilangan traksi.

Paling ekstrem adalah bar dari baja yang mengelilingi bagian bawah mobil, digunakna ntuk mengurangi kerusakan sport sedan 4-pintu ini saat bertabrakan dengan ujung-ujung trek bobsleigh.

Coba tonton video di bawah ini dan lihat betapa mengenaskan nasib rally car cantik tersebut setelah turun dan naik kembali dari trek di St. Moritz ini.

Meski begitu, Subaru WRX STI yang digunakan tetap ‘utuh’ seusai melewati siksaan meluncur di salju seperti papan bobsled itu. Begitu pula sang penjinaknya, Mark Higgins yang kembali tak terluka.

Mau coba?

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : Otomotif R4

Tags :

#Subaru

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×