Kamis,2 Maret 2017 13:50 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Sambut Range Rover Velar, Kakak Evoque dan Adik RR Sport

Foto: Land Rover

Range Rover Velar hadir dengan desain futuristis ala Land Rover, disisipkan di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport

London - Setelah mengira kehadiran perdananya akan ada pada Geneva Motor Show 2017 beberapa hari mendatang, Land Rover memberi kejutan dengan mendatangkan model terbarunya seminggu lebih cepat di Design Museum, London - Inggris (1/3).

Disebut model keempat Range Rover dan hadir untuk mengisi celah di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport, nama Velar yang diusungnya sendiri diambil dari model pra-produksinya yang ada di tahun 1960-an, sementara artinya diambil dari bahasa latin ‘Velare’ yang artinya menutupi.

Dibentuk berdasarkan tangan Gerry McGovern, Chief Design Officer Land Rover, tak salah lagi Range Rover Velar jadi Land Rover terindah dan paling futuristik yang pernah kami lihat. Kami setuju ketika Land Rover menyebut desainnya ‘stop-you-in-your-tracks’ yang berarti membuat orang berhenti ketika melihatnya.

Range Rover Velar
Terinspirasi berat dari Range Rover Sport, namun dengan garis lebih bersih dan modern

Semua khas Land Rover Range Rover modern ada di sana, hanya saja dibuat lebih modern dan futuristik dengan garis-garis halus yang lebih menyatu secara elegan, tidak berusaha meneriakkan apapun dari depan ke belakang. Lihat saja handel pintu jenis flush yang bersembunyi, membuat profilnya bersih tersebut.

Menggunakan teknologi Jaguar Land Rover, Range Rover Velar juga dibuat dengan bodi aluminium-intensive yang ringan dan kaku.

Beberapa senjata unggulannya adalah headlights Matrix-Laser LED, gril besar yang tegas dan detailling tembaga di samping bodi. Sementara bagian dalamnya pun terlihat seperti Range Rover lainnya, namun dibuat jauh lebih futuristik apalagi dengan kehadiran sistem Touch Pro Duo.

Range Rover Velar
Sistem hiburan kabin Touch Pro Duo jadi daya tarik utama di dalam karena dua layar sentuh besar di fascia tengah

Belum cukup dua layar di fascia tengah, masih juga disematkan instrument cluster digital sebesar 12,3 inci di depan jok pengemudi.

Dari segi dimensi, Range Rover Velar memiliki panjang 4.803 mm, lebar 2.145 mm dan tinggi 1.665 mm. Tentu keunggulan off-road Land Rover juga diperolehnya, dengan ground clearance 251 mm, kemampuan menerjang genangan air setinggi 650 mm, juga sistem Terrain Response

Saat diumumkan, Range Rover Velar memiliki 6 pilihan mesin. Mulai dari mesin bensin 2.0 L turbo bertenaga 247 dk, 2.0 L V6 Supercharged bertenaga 380 dk, diesel 2.0 L bertenaga 180 dk, 240 dk, diesel 3.0 L V6 bertenaga 300 dk dan mesin bensin 2.0 L 250 dk.

EDITOR

rio

Top