Jumat,3 Maret 2017 10:42 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Porsche Panamera Sport Turismo Hadir Dengan Konfigurasi Jok 4+1

Foto: Porsche

Porsche mengumumkan versi station wagon dari sedan Panamera dengan konfigurasi jok berbeda dan bagasi lebih besar

Atlanta - Bila Porsche Panamera generasi kedua baru saja diluncurkan di Indonesia, di belahan dunia lain, sedan mewah 4-pintu ini baru kedapatan varian baru yang disebut Panamera Sport Turismo.

Anggaplah Porsche Panamera Sport Turismo sebagai versi estate, station wagon atau shooting brake dari sedan Panamera. Perbedaan paling mencolok tentu ada di pilar B ke belakang, pada versi Sport Turismo ini lekukan atap lebih sopan sehingga menghasilkan pilar D yang memberi kesan coupe-like.

“Untuk Porsche, Panamera Sport Turismo adalah langkah maju untuk segmen baru, namun tetap mempertahankan setiap nilai dan atribut yang menjadi karakteristik Porsche,” tutur Michael Mauer, Director Style of Porsche.

Porsche Panamera Sport Turismo
Paling terlihat di bagian belakang, Panamera dengan bentuk shooting brake

Sementara di dalam, perbedaan paling mencolok dibanding adalah konfigurasi jok 4+1, karena Panamera sedan hanya memiliki 4 seater saja.

Mengapa 4+1? Anggap saja jok tengah di baris kedua kurang pantas diduduki dengan nyaman oleh seorang dewasa, sehingga tidak disebut 5 seater oleh Porsche.

Setiap teknologi pada Panamera sedan pun diturunkan ke Porsche Panamera Sport Turismo ini, seperti Porsche Advanced Cockpit, Porsche InnoDrive, Porsche Communication Management (PCM), adaptive cruise control, Rear Axle Steering, Porsche Dynamic Chassis Control (PDCC Sport), electronic roll stabilization system

Porsche Panamera Sport Turismo
Tersedia dalam konfigurasi 4+1, namun tetap dapat memilih 4 seater jika ingin lebih mewah

Sebagai tambahan, setiap varian Panamera Sport Turismo dilengkapi dengan Porsche Traction Management (PTM); yaitu  sistem all-wheel drive aktif yang menggunakan multi-plate clutch yang dikontrol secara elektronik dan adaptive air suspension dengan teknologi three-chamber.

Dimensi Panamera Sport Turismo dipatok di panjang 5.029 mm, lebar 1.930 mm, tinggi 1.422 mm dan wheelbase 2.946 mm.

Porsche Panamera Sport Turismo
Kapasitas bagai 521 liter dan meluas ke 1.390 liter saat jok tengah dilipat

Bagian terkeren dari Panamera, yaitu adaptive spoiler juga tetap tersedia sebagai bagian dari Porsche Active Aerodynamics, yang dapat menyesuaikan sendiri sudut lekukannya sesuai yang dibutuhkan.

Porsche Panamera Sport Turismo akan diresmikan pada Geneva Motor Show 2017 minggu depan (7-19/3), langsung 4 pilihan mesin dari varian Panamera 4, Panamera 4S, Panamera 4 E-Hybrid dan Panamera Turbo.

EDITOR

rio

Top