New Honda Mobilio Dilengkapi VSA dan HSA, Bagaimana Mengaktifkannya?

  • Kamis, 2 Maret 2017 18:03 WIB

Begini cara mengaktifkan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan HSA (Hill Start Assist) pada New Honda Mobilio | Rian/otomotifnet

Jakarta - Salah satu kelebihan yang didapat saat facelift, New Honda Mobilio menjadi class leading segmen Low MPV di bidang keselamatan atau safety.

Seperti yang Otomotifnet tulis sebelumnya pada artikel ini, dua fungsi unggulan yang tak dimiliki oleh kompetitor adalah VSA (Vehicle Stability Assist) dan HSA (Hill Start Assist). Nah, tahukah cara menggunakannya?

Otomotifnet kini sedang mencoba langsung New Honda Mobilio RS CVT, keduanya ternyata mudah kok untuk diaplikasikan.

Vehicle Stability Assist

Untuk VSA (Vehicle Stability Assist), fitur yang berguna untuk menghindari mobil dari understeer, oversteer atau kehilangan traksi ini otomatis selalu aktif ketika mobil dinyalakan. Memang tak ada indikator yang menyala ketika VSA aktif, karena wujudnya selalu standby menunggu ketika terdeteksi kehilangan traksi.

Bila melewati medan minim traksi seperti tanah basa atau pasir, lalu berakselrasi kencang, biasanya baru lah indikator VSA yang berlogo mobil dan trek licin di instrument cluster berkedap-kedip. Saat menikung terlalu kencang dan terdeteksi adanya kehilangan traksi juga, indikator VSA ini akan berkedip.

Sedangkan VSA juga dapat diaktifkan, jika entah karena alasan tertentu anda menginginkan mobil sengaja untuk kehilangan traksi. Caranya, cukup tahan tombol berlogo VSA Off di ujung kanan dasbor selama satu detik dan indikatornya akan menyala di instrument cluster.

Honda Mobilio
Tahan 1 detik tombol ini untuk mematikan VSA
Honda Mobilio
Ketika VSA dinonaktifkan, indikator ini akan muncul di instrument cluster

Hill Start Assist

Untuk HSA (Hill Start Assist), fitur yang digunakan untuk mengerem mobil sesaat ketika kaki berpindah dari pedal rem ke pedal gas di tanjakan ini tidak memiliki indikator atau tombol sama sekali untuk diaktifkan.

Cara menggunakannya sangat mudah. Ketika berhenti di tanjakan, cukup injak pedal rem dan HSA akan otomatis aktif. Mobil akan menahan rem selama 2 detik kurang, sehingga pengemudi mendapatkan waktu untuk memindahkan kakinya dari pedal rem ke pedal gas tanpa mobilnya menggelinding turun.

Ternyata mudah banget kan?

Honda Mobilio
Untuk mengaktifkan HSA, cukup injak pedal rem, saat dilepas maka mobil akan menahan rem sendiri sampai 2 detik kurang

 

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : Otomotif R4

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×