Layakkah Sekelas Kijang Innova Seharga Rp 400 Jutaan?

  • Selasa, 10 November 2015 12:46 WIB

Layakkah Sekelas Kijang Innova Seharga Rp 400 Jutaan? | TAM


Jakarta - "Mau kayak gimana mewahnya tetep aja Innova. Kijaaang, " ujar salah seorang teman berkomentar ketika diberitahu artikelnya jadi yang terpopuler di otomotifnet.com. Ya, apalagi kalau bukan rencana kehadiran sang legenda hidup Toyota Kijang Innova terbaru. The Legend Reborn, begitu kata Toyota.

Sebagai legenda mobil keluarga? Siapa yang meragukan revolusi yang pernah dilakukan Toyota dengan menghadirkan sosok Innova untuk menggantikan Kijang. Tapi maaf, dengan kiprah puluhan tahun, Kijang tak bisa begitu saja dimatikan. Banyak yang mencari, banyak yang protes. Karenanya, sebagai kompromi dipakai jugalah nama Kijang. Jadinya Toyota Kijang Innova. Sebuah revolusi.

Lalu apakah yang bakal terjadi pada 23 November ini juga merupakan revolusi? Toyota Kijang Innova terbaru bakal diluncurkan di hari itu, world premiere! Dengan banderol tertinggi mencapai diatas Rp 400 jutaan, yakni Tipe Q AT yang merupakan tipe termewah.

Revolusi secara harga jual, mungkin saja. Toh siapa yang menyangka kalau Kijang Innova akhirnya menyentuh angka Rp 400 jutaan untuk bisa dibawa pulang, dengan catatan untuk tipe termewah ya, tipe Q AT. 

Kan mau ngajak keluarga jalan-jalan, harus nyaman dan mewah. Tapi ya itu tadi, harganya tembus Rp 400 jutaan lebih. Kalau Kijang Innova sampai seharga Rp 400 jutaan, pakai mobil apa lagi masyarakat Indonesia?

Sebuah mobil keluarga yang sederhana, multifungsi, gampang dirawat, mesin bandel dan harganya terjangkau kini sudah jauh berubah dan tentu saja jauh lebih baik. Beragam opini tersebut pada akhirnya yang membuat begitu melekatnya nama Kijang sebagai mobil keluarga. Tapi lahirnya Innova tahun 2004 merubah segala paradigma tersebut sampai saat ini. 

Coba saja masuk kedalam kabinnya, Kabin Innova terbaru jauh lebih mewah, yang terlihat mata, terdiri dari dua hal dasar. Jok baris kedua berkonfigurasi Captain Seat, dengan kenyamanan layaknya sofa di rumah, plus dilengkapi dengan meja yang juga terdapat cup holder, mirip kabin pesawat kelas bisnis ya?

Selain itu, guna menambah kenyamanan, tersedia juga lampu illumination pada atap kabin. Ini merupakan tren baru di mobil keluarga. Belum diketahui apakah list lampu tersebut cukup untuk menerangi kabin atau sekedar pajangan saja.

Pengaturan AC digital juga turut membantu kenyamanan di kabin Innova terbaru, belum lagi sajian hiburan yang tersuguh pada head unit barunya, serta beberapa aksen kayu pada kabin, menambah kenyamanan saat berada di dalamnya.

Tersedia layar sentuh sebesar 8 inci, yang menjadi pusat hiburan kabin. Terletak di tengah dasbor. Sistem hiburan ini punya banyak fungsi tak sekedar memutar lagu atau video saja, tapi beberapa fitur canggih lainnya.

Bisa dioperasikan dengan suara alias voice command ataupun bisa juga dioperasikan dengan gestur tangan. Selain itu bisa terkoneksi dengan smartphone dan melakukan mirroring dari smartphone untuk ditampilkan pada layar.
Toyota juga menyematkan Digital Living Network Alliance (DLNA). Web browser yang artinya bisa terhubung dengan internet dan juga dilengkapi dengan konektifitas Bluetooth dan juga HDMI. Toyota juga menyediakan aplikasi Toyota Move.

Lebih megah, lebih mewah. Iya! Namun ditengah kondisi perekonomian yang masih lesu, tentu saja para kepala keluarga akan sedikit berfikir kalau mau menyajikan kenyamanan pada mobil keluarga seperti Innova untuk keluarganya, dengan merogoh kantung sampai pada angka Rp 400 jutaan.

Entah apa strategi Toyota Astra Motor dibalik semua langkah yang dilakukan terhadap Kijang Innova terbaru. Bisa dibilang, terlalu memaksakan untuk tampil wah, dengan menyematkan berbagai fitur, teknologi, sampai nuansa kemewahan, yang pada akhirnya harus ditebus dengan harga jual yang semakin melambung tinggi. Kijang yang tadinya bisa menjangkau semua kalangan, bisa dipastikan kini semakin terbatas para penikmatnya.

Balik lagi, sudah layakkah mobil sekelas Toyota Innova dihargai Rp 400 jutaan lebih? Jawabannya ada pada anda sendiri!


Berikut Perkiraan Harga Toyota Innova Terbaru:

Bensin
G M/T    Rp 285.000.000
G A/T    Rp 298.850.000
V M/T    Rp 322.950.000
V A/T    Rp 336.650.000
Q M/T    Rp 356.950.000
Q A/T    Rp 370.650.000

Diesel
G M/T    Rp 319.950.000
G A/T    Rp 333.800.000
V M/T    Rp 357.250.000
V A/T    Rp 371.300.000
Q M/T    Rp 392.250.000
Q A/T    Rp 406.300.000

(mobil.otomotifnet.com)

Reporter : bagja otomobil
Editor : fauzi

Tags :

#Toyota

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×