Kia Optima Sportswagon Plug-in Hybrid Menyediakan Ruang Lebih Luas, 113 Liter Tepatnya

  • Rabu, 8 Maret 2017 10:10 WIB

Selain ‘bokong’ memanjang hingga bagasi menjadi 440 liter, Kia Optima Sportswagon Plug-in Hybrid juga kedapatan baterai baru yang diharapkan dapat menambah jarak tempuh elektriknya | Kia

Geneva - Setelah memperkenalkan Optima Plug-in Hybrid di Chicago Auto Show 2016 silam, kini Kia memperkenalkan varian lainnya yang sangat dibutuhkan oleh para keluarga di Eropa, yaitu Optima Sportswagon Plug-in Hybrid.

Bagi yang belum tahu, Sportswagon merupakan istilah yang digunakan Kia untuk menggantikan kata station wagon atau estate.

Dibandingkan varian sedannya, Kia Optima Sportswagon Plug-in Hybrid lebih panjang 5 mm, sedangkan dimensi lain termasuk lebar, tinggi dan wheelbase-nya tetap. Karena ‘bokong’ yang bertambah panjang dan tidak menekuk ala sedan, kapasitas bagasi pun bertambah.

Kia Optima Sportswagon
Bagian belakang memanjang, kapasitas bagasi bertambah hingga 440 liter meski kapasitas baterai juga bertambah

Bagasi Optima Sportswagon ini dapat memuat ruang 113 liter lebih banyak dibandingkan varian sedannya, sehingga kapasitas totalnya menjadi 440 liter dan akan membesar hingga 1.574 liter ketika jok yang memiliki konfigurasi 40:20:40 dibuka.

Seperti Niro yang bersamaan diluncurkan di Geneva International Motor Show 2017 (7/3), Optima Sportswagon Plug-in Hybrid meletakkan baterainya di bawah ruang bagasi. Dalam hal ini, baterai yang digunakan pun baru.

Kini Kia menggunakan baterai generasi selanjutnya, yaitu lithium-ion polymer berkapasitas 11,26 kWh dibanding sebelumnya 9,8 kWh pada varian sedannya. Mentenagai motor listrik 67 dk, Kia mentargetkan Optima ini dapat menempuh jarak elektrik alias tanpa mesin bensin sejauh lebih dari 60 km.

Kia Optima Sportswagon
Salah satu fitur menarik adalah smart HVAC system yang otomatis mengalihkan AC hanya ke posisi pengemudi bila tidak ada penumpang lainnya

Beberapa teknologi disematkan untuk membuat harapan jarak tempuh di atas tercapai, seperti advanced HVAC (Heating, Ventilation and Air Conditioning) system dengan smart air intake yang hanya menyemprotkan AC ke area pengemudi saja saat tidak ada penumpang lain. Lainnya, regenerative braking seperti pada hybrid pada umumnya juga dapat mengisi ulang baterai ketika mengerem atau coasting.

Fitur lainnya termasuk head unit baru Kia AVN (Audio-Visual Navigation) dengan layar sentuh 8 inci yang menunjukkan lokasi pengisian ulang baterai terdekat, Android Auto, Apple CarPlay hingga charger smartphone nirkabel.

Kemudian fitur safety juga termasuk berlimpah dengan adanya VSM (Vehicle Stability Management) dengan ESC (Electronic Stability Control), ASCC (Advanced Smart Cruise Control), LKAS (Lane Keeping Assist System) dan AEB (Autonomous Emergency Braking).

Kia Optima Sportswagon Plug-in Hybrid akan mulai dijual di Eropa pada kuartal 3 tahun 2017 ini, dengan garansi 7 tahun atau 100 ribu km, sementara produksinya dilakukan di pabrik Kia di Hwasung, Korea Selatan.

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : rio

Tags :

#KIA

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×