Senin,13 Maret 2017 12:05 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Jaguar XE Punya Valet Mode, Bisa Lindungi Barang dan Informasi Berharga

Foto: Rizky Apriyandi

Bila mengaktifkan Valet Mode pada Jaguar XE, maka akan otomatis mengunci fitur pada head unit dan pintu bagasi

Jakarta - Punya mobil mewah seperti Jaguar XE, jadi hal biasa untuk menitipkannya kepada seseorang untuk diparkirkan alias menggunakan layanan valet.

Namun bila banyak barang berharga, apalagi ada juga informasi yang kadang tersimpan di head unit, bagaimana untuk menjaga hal-hal tersebut agar tetap aman selama mobilnya diparkirkan oleh pihak yang sama sekali tidak kita kenal dari layanan valet?

Untuk itulah, Jaguar XE memiliki Valet Mode.

Jaguar XE Valet Modw
Valet Mode akan mengunci semua fitur di head unit dan pintu bagasi

Sesuai manual dari sedan kompak premium Inggris ini, Valet Mode memperbolehkan kendaraan dikemudikan dan dikunci oleh seorang pelayan parkir, tanpa memberinya akses ke kompartemen bagasi. Valet Mode juga mencegah pengoperasian monitor layar sentuh untuk mencegah akses ke nomor telepon dan alamat navigasi di head unit.

Jaguar XE baik 20t Prestige maupun 25t R-Sport yang baru kami coba menggunakan head unit InControl 8 inci, yang akan mensinkronisasi nomor telepon ketika mengkoneksikan Bluetooth ke smartphone. Alamat tujuan juga otomatis tersimpan di program navigasi jika pernah diarahkan ke sana.

Nah, tidak mau kan hal-hal tersebut diakses oleh pelayan parkir valet?

Begini cara aktifkan Valet mode.

Jaguar XE Valet Mode
Masuk ke Valet Mode di head unit InControl di seksi Extra Features yang dapat diakses dengan menekan tombol Home, kemudian menggesernya ke sebelah kanan
Jaguar XE Valet Mode
Ketika masuk ke Valet Mode, maka diminta nomor PIN (Personal Identification Number) 4 digit. Masukkan nomor PIN sesuai preferensi anda, tentunya yang bisa diingat namun sulit ditebak oleh orang lain
Jaguar XE Valet Mode
Setelah memasukkan PIN yang diinginkan, akan diminta untuk mengkonfirmasinya sekali lagi
Jaguar XE Valet Mode
Valet Mode telah aktif. Setelah ini, menu di layar InControl sama sekali tidak bisa diakses, baik media, navigasi, telepon, Eco Mode dan setiap fitur lainnya. Satu-satunya menu yang dapat diakses adalah Valet Mode untuk deaktivasinya, yang memerlukan untuk memasukkan ulang angka PIN yang sebelumnya digunakan. Bagasi juga terkunci loh setelah Valet Mode ini aktif!
Jaguar XE Valet Mode
Untuk menonaktifkannya, cukup kembali masuk Valet Mode dan masukkan PIN yang sama. Setelah itu, semua fitur yang terkunci akan kembali terbuka. PIN Valet Mode juga akan di-reset, sehingga ketika akan mengaktifkannya lagi di lain waktu perlu memasukkan angka yang berbeda dari sebelumnya.

Keren kan? Oh iya, hampir setiap produk Jaguar Land Rover yang sudah menggunakan head unit InControl memiliki fitur Valet Mode ini loh…

EDITOR

rio

Top