Kamis,2 Maret 2017 20:46 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Intip Interior Futuristik Range Rover Velar

Foto: Land Rover

Seperti setiap Range Rover lainnya, namun interior Velar dibuat jauh lebih futuristik

London - Land Rover baru saja meresmikan adik dari Range Rover Sport dan kakak dari Range Rover Evoque, disebut Range Rover Velar di Design Museum, London - Inggris (1/3).

Kami jadi penggemar desain terbaru eksteriornya, yang meski dapat terlihat bagian depan mengadopsi berat dari Evoque dan belakang dari Range Rover Sport, tetap saja Gerry McGovern, Chief Design Officer Land Rover, dapat mentransformasi Velar menjadi SUV yang lebih bersih, modern dan futuristik.

Apalagi ketika melompat ke bagian interiornya. Yuk, mari kita intip.

Sekilas tengok, setiap desain baik dasbor, door trim hingga jok dari Range Rover Velar ini memang tipikal Range Rover lainnya, mewah nan simpel. Namun coba lihat pada bagian tengahnya.

Terdapat sistem hiburan kabin terbaru yang disebut Touch Pro Duo. Dibandingkan layar InControl Touch Pro standar, kini ada dua layar sentuh 10 inci yang dihadapkan ke penumpang depan. Keren kan?

Range Rover Velar
Layar di atas untuk menunjukkan status dan media, sedangkan di bawah untuk climate control dan status off-road

Kedua layar ini ditenagai oleh prosesor Intel Quad Core, dengan harddrive Solid-State Drive 60GB dan Wi-Fi yang dapat dikoneksikan ke 8 smartphone sekaligus.

Layar yang pertama, berfungsi sebagai monitor yang menggantikan head unit standar. Kerennya, sudut layar head unit ini otomatis akan naik sebagai gestur menyambut ketika pengemudi membuka pintu dan masuk ke dalam mobil. Saat mesin dimatikan, sudutnya akan kembali turun, membuat fascia tengah terlihat sangat bersih dan minimalis.

Layar yang kedua berfungsi sebagai pengendali climate control dan off-road Terrain Response 2. Hanya menyisakan sedikit tombol fisikal, layar kedua ini juga membuat fascia tengah terlihat sangat bersih ketika mesin dimatikan, hanya seperti panel piano black yang memanjang dari depan hingga ke armrest.

Selain disentuh, cara lain untuk cepat mengontrol layar kedua ini adalah kenop yang disebut “Two Magic”.

Tengok setir, tombol juga dibuat sangat minimalis sehingga membuatnya sangat modern.

Range Rover Velar
Setir punya tombol unik yang hampir rata

Kami jadi penggemar besar desain bersih ini, meski ragu karena finishing glossy-nya di mana-mana yang membuatnya harus disentuh akan meninggalkan banyak jejak jari (fingerprint), cepat lecet dan kotor karena debu yang menempel.

Seperti Range Rover dengan spek atas, instrument cluster juga digantikan layar digital 12,3 inci dengan 4 tema yang tersedia, juga navigasi 3D full-screen.

Sisanya, nikmati gambar-gambar interior dari Range Rover Velar di bawah ya.

Range Rover Velar
Interiornya dibalut oleh kulit berkualitas tinggi, yang disebut 'Kvadrat Textile'
Range Rover Velar
Saat dimatikan, interior akan tampil sangat minimalis dan bersih dengan banyaknya panel piano black
Range Rover Velar
Terrain Response di atur dari layar 10 inci yang bawah

EDITOR

rio

Top